PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Main Author: NOFIYANTO, DODIK
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13747/1/1_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/2/2_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/4/3_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/8/4_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/12/5_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/15/6_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/18/7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/20/8_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13747/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai pada pra siklus yang hanya 58,82%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 88,23%, dan pada siklus II 94,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.