PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE UNTUK POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREPARAT PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 PRAMBANAN, SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Main Author: RAHMAWATI, NURUL
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13655/1/cover_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/19/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13655/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP N 1 Prambanan, Sleman pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading guide dan media preparat. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 1 Prambanan, Sleman. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Prambanan, Sleman. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Reading guide dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Nilai rata-rata prestasi belajar siklus I =62,9, siklus II=64,8, siklus III=76.9. (3) Rata-rata peningkatan keaktifan siswa siklus I=10,6, siklus II=13, siklus III=14,7.