ctrlnum 13649
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13649/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>SUNARTI, SUNARTI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 15 anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak&#xD; sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan dengan metode observasi atau mengamati secara langsung, catatan lapangan untuk mencatat kejadiankejadian yang muncul pada saat proses pembelajaran kognitif berlangsung dan dokumentasi yang berupa foto guru dan peserta didik.. Analisis data&#xD; secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas proses analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan kartu angka. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indicator yaitu mengenal angka, menghitung benda dan&#xD; mencocokkan benda dengan kartu angka yang sesuai. Sebelum dilakukan tindakan nilai kemampuan kognitif anak 26% , setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 33%, pada siklus II meningkat menjadi 46%, dan diakhir tindakan yaitu pada siklus III meningkat menjadi 80%.&#xD; Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan kartu angka dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13649/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SUNARTI, SUNARTI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520081040</relation><recordID>13649</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SUNARTI, SUNARTI
title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13649/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13649/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 15 anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan dengan metode observasi atau mengamati secara langsung, catatan lapangan untuk mencatat kejadiankejadian yang muncul pada saat proses pembelajaran kognitif berlangsung dan dokumentasi yang berupa foto guru dan peserta didik.. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas proses analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan kartu angka. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indicator yaitu mengenal angka, menghitung benda dan mencocokkan benda dengan kartu angka yang sesuai. Sebelum dilakukan tindakan nilai kemampuan kognitif anak 26% , setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 33%, pada siklus II meningkat menjadi 46%, dan diakhir tindakan yaitu pada siklus III meningkat menjadi 80%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan kartu angka dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.
id IOS2728.13649
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:49Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572227510272
score 17.538404