ctrlnum 13645
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13645/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)</title><creator>HARIYATI, NITA SRI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Kemampuan membaca permulaan penting ditingkatkan agar anak bisa mengikuti pembelajaran ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan&#xD; kemampuan membaca permulaan anak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada dikelas B atau berusia 5-6 tahun di TK ABA III Sumberlawang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data.&#xD; Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor kemampuan membaca permulaan anak dan menghitung prosentase pencapaian kemampuan membaca permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan pada setiap&#xD; siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 44% menjadi 60.5% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 77%, dan pada siklus III kemampuan anak meningkat manjadi 85%. Dari keseluruhan hasil secara individual kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga&#xD; mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/2/BAB__1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/3/BAB__2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/6/BAB__3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/8/BAB__4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/10/BAB__5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13645/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HARIYATI, NITA SRI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520080343</relation><recordID>13645</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HARIYATI, NITA SRI
title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13645/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/2/BAB__1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/3/BAB__2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/6/BAB__3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/8/BAB__4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/10/BAB__5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13645/
contents Kemampuan membaca permulaan penting ditingkatkan agar anak bisa mengikuti pembelajaran ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada dikelas B atau berusia 5-6 tahun di TK ABA III Sumberlawang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor kemampuan membaca permulaan anak dan menghitung prosentase pencapaian kemampuan membaca permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 44% menjadi 60.5% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 77%, dan pada siklus III kemampuan anak meningkat manjadi 85%. Dari keseluruhan hasil secara individual kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak.
id IOS2728.13645
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:49Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572213878784
score 17.538404