ctrlnum 13641
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13641/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE&#xD; PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDNEGERI 03 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011&#xD; </title><creator>PERMADANI, IKA LINA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Pembelajaran yang biasa diterapkan di SD Negeri 03 Popongan Karanganyar,&#xD; kabupaten Karanganyar selama ini adalah pembelajaran dengan menggunakan&#xD; metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan&#xD; siswa pasif atau kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan&#xD; masalah sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa&#xD; untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS.&#xD; Salah satu metode yang digunakan adalah metode mind mapping. Tujuan dalam&#xD; penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS&#xD; dengan metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri 03&#xD; Popongan Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian&#xD; tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang&#xD; dilakukan dalam tiga siklus. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan&#xD; deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari&#xD; siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan&#xD; hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Keanekaragaman Suku dan Budaya&#xD; di Indonesia. Yaitu pada aspek kognitif sebelum tindakan rata-rata siswa sebesar&#xD; 34,7%, rata-rata siklus I meningkat menjadi 39,13%, rata-rata siklus II meningkat&#xD; menjadi 56,52%, rata-rata siklus III meningkat menjadi 91,3%. Jadi hampir 90% dari&#xD; kondisi awal tindakan siswa mengalami peningkatan nilai.&#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/4/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/7/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/10/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/12/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/15/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/18/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13641/21/Lampiran-lampiran.pdf</identifier><identifier> PERMADANI, IKA LINA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDNEGERI 03 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070113</relation><recordID>13641</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PERMADANI, IKA LINA
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDNEGERI 03 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13641/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/4/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/7/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/10/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/12/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/15/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/18/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/21/Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13641/
contents Pembelajaran yang biasa diterapkan di SD Negeri 03 Popongan Karanganyar, kabupaten Karanganyar selama ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa pasif atau kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS. Salah satu metode yang digunakan adalah metode mind mapping. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Keanekaragaman Suku dan Budaya di Indonesia. Yaitu pada aspek kognitif sebelum tindakan rata-rata siswa sebesar 34,7%, rata-rata siklus I meningkat menjadi 39,13%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 56,52%, rata-rata siklus III meningkat menjadi 91,3%. Jadi hampir 90% dari kondisi awal tindakan siswa mengalami peningkatan nilai.
id IOS2728.13641
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:49Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572199198720
score 17.538404