PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: Rakhmawati, Belia Amma
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13625/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/8/Dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/7/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/
ctrlnum 13625
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13625/</relation><title>PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT&#xD; (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011)</title><creator>Rakhmawati, Belia Amma</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 6 Rembang yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi dengan penyidik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang bertanya bila belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 71,43%. 2) Siswa yang memperhatikan selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 50%, di akhir tindakan menjadi 92,86% 3) Siswa yang menjawab/menanggapi pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 78,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai &gt;59 sebesar 21,43% dan di akhir tindakan menjadi 78,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Learning Tournament.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/8/Dapus.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13625/7/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Rakhmawati, Belia Amma (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070227</relation><recordID>13625</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rakhmawati, Belia Amma
title PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13625/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/8/Dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/7/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13625/
contents Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 6 Rembang yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi dengan penyidik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang bertanya bila belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 71,43%. 2) Siswa yang memperhatikan selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 50%, di akhir tindakan menjadi 92,86% 3) Siswa yang menjawab/menanggapi pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 78,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai >59 sebesar 21,43% dan di akhir tindakan menjadi 78,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Learning Tournament.
id IOS2728.13625
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:49Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572141527040
score 17.538404