PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: HIDAYAH, APRILIA WAHYU
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13620/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/
ctrlnum 13620
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13620/</relation><title>PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL&#xD; PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)</title><creator>HIDAYAH, APRILIA WAHYU</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika bangun&#xD; ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMPN 2 Sine, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur . Hasil penelitian (1) ada peningkatan kesiapan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang : a) menjawab pertanyaan awal guru sebelum tindakan 2,9% dan setelah&#xD; tindakan 74%, b) mengerjakan tugas/PR sebelum tindakan 8,8%, dan setelah tindakan 74%, dan (2) ada peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang a) bekerjasama dalam kelompok&#xD; sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 88,9%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5,8% dan setelah tindakan 70,3%, c) menyanggah jawaban teman sebelum tindakan 17,6% dan setelah tindakan 55,6%. Kesimpulan&#xD; penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan kesiapan dan keaktifan belajar matematika bangun ruang sisi datar siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13620/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HIDAYAH, APRILIA WAHYU (2011) PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070107</relation><recordID>13620</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HIDAYAH, APRILIA WAHYU
title PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13620/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13620/
contents Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMPN 2 Sine, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur . Hasil penelitian (1) ada peningkatan kesiapan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang : a) menjawab pertanyaan awal guru sebelum tindakan 2,9% dan setelah tindakan 74%, b) mengerjakan tugas/PR sebelum tindakan 8,8%, dan setelah tindakan 74%, dan (2) ada peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang a) bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 88,9%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5,8% dan setelah tindakan 70,3%, c) menyanggah jawaban teman sebelum tindakan 17,6% dan setelah tindakan 55,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan kesiapan dan keaktifan belajar matematika bangun ruang sisi datar siswa.
id IOS2728.13620
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:49Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572123701248
score 17.538404