PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: LAILA, ZAENA NUR ULFA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13604/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/
ctrlnum 13604
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13604/</relation><title>PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>LAILA, ZAENA NUR ULFA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung &gt; ttabel yaitu 3,344 &gt; 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung &gt; ttabel yaitu 3,59 &gt; 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung &gt; Ftabel yaitu 6,47 &gt; 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/7/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13604/8/Lampiran.pdf</identifier><identifier> LAILA, ZAENA NUR ULFA (2011) PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070251</relation><recordID>13604</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author LAILA, ZAENA NUR ULFA
title PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13604/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13604/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,344 > 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,59 > 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,47 > 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan
id IOS2728.13604
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:49Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572063932416
score 17.538404