PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: KUSUMA, ANTON ADI SURYO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13601/1/2Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/2/3Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/3/4Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/4/5Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/5/6Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/6/7Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/7/8Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/8/9Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/
ctrlnum 13601
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13601/</relation><title>PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)</title><creator>KUSUMA, ANTON ADI SURYO</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan&#xD; hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X G&#xD; SMA Muhammadiyah 1 Sragen, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data&#xD; dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 16,13 % dan di akhir tindakan 61,68 %, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 9,68 % dan di akhir tindakan 41,66 %, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 19,35 % dan di akhir tindakan 83,32 %, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 45,16 % dan di akhir tindakan 77,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/1/2Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/2/3Bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/3/4Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/4/5Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/5/6Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/6/7Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/7/8Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13601/8/9Lampiran.pdf</identifier><identifier> KUSUMA, ANTON ADI SURYO (2011) PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070097</relation><recordID>13601</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KUSUMA, ANTON ADI SURYO
title PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13601/1/2Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/2/3Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/3/4Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/4/5Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/5/6Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/6/7Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/7/8Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/8/9Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13601/
contents Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X G SMA Muhammadiyah 1 Sragen, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 16,13 % dan di akhir tindakan 61,68 %, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 9,68 % dan di akhir tindakan 41,66 %, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 19,35 % dan di akhir tindakan 83,32 %, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 45,16 % dan di akhir tindakan 77,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
id IOS2728.13601
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:46Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572052398080
score 17.538404