PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari)

Main Author: SASWANTI, INDAH
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13595/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/6/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/9/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/12/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/
ctrlnum 13595
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13595/</relation><title>PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari)</title><creator>SASWANTI, INDAH</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Talking stick. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Bendosari yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan&#xD; dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam 1) Kesiapan mengikuti pembelajaran sebelum tindakan&#xD; 35,90% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 84,62%, 2) Mendengarkan penjelasan guru saat pembelajaran sebelum tindakan 48,72% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 89,74%, 3) Antusias menjawab pertanyaan guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,38% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 71,79%, 4) Prestasi belajar siswa yang mendapat nilai &#x2265; 65 sebelum tindakan 46,15% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 87,18%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode Talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/6/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/9/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13595/12/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SASWANTI, INDAH (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070146</relation><recordID>13595</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SASWANTI, INDAH
title PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13595/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/6/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/9/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/12/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13595/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Talking stick. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Bendosari yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam 1) Kesiapan mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 35,90% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 84,62%, 2) Mendengarkan penjelasan guru saat pembelajaran sebelum tindakan 48,72% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 89,74%, 3) Antusias menjawab pertanyaan guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,38% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 71,79%, 4) Prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 46,15% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 87,18%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode Talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
id IOS2728.13595
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:46Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810572027232256
score 17.538404