PENINGKATAN PEMBELAJARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | APRILIA, ELINDA DWI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13536/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/14/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/18/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/ |
ctrlnum |
13536 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13536/</relation><title>PENINGKATAN PEMBELAJARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>APRILIA, ELINDA DWI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran morfologi dalam bidang reduplikasi pada karangan siswa dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran morfologi dalam bidang reduplikasi pada karangan siswa dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini berbentuk penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obervasi, wawancara, dan tugas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan penerapan model pendekatan kontekstual dapat meningkatkan dalam pembelajaran menulis karangan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata saat pra siklus mencapai 51, pada siklus I sebesar 62, pada siklus II meningkat menjadi 74.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/14/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13536/18/Lampiran-Lampiran.pdf</identifier><identifier> APRILIA, ELINDA DWI (2011) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A310070073</relation><recordID>13536</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
APRILIA, ELINDA DWI |
title |
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MORFOLOGI PADA KARANGAN SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13536/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/14/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/18/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13536/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran morfologi dalam bidang reduplikasi pada karangan siswa dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran morfologi dalam bidang reduplikasi pada karangan siswa dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini berbentuk penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obervasi, wawancara, dan tugas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan penerapan model pendekatan kontekstual dapat meningkatkan dalam pembelajaran menulis karangan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata saat pra siklus mencapai 51, pada siklus I sebesar 62, pada siklus II meningkat menjadi 74. |
id |
IOS2728.13536 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:43Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810571577393152 |
score |
17.538404 |