PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011

Main Author: UTAMI, DEWI SRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13311/1/1._Halaman_depan_dewi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/2/2._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/3/3.DEWI._BAB_II_ACC.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/6/4.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/8/5.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/9/6.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/13/8.Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/
ctrlnum 13311
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13311/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011 </title><creator>UTAMI, DEWI SRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan &#xD; hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi &#xD; pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini adalah PTK &#xD; (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian atau penerima tindakan adalah &#xD; siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik &#xD; pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. &#xD; Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam &#xD; pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan peta legenda. &#xD; Hal ini dapat dilihat dari: a) keaktifan dan antusiasme siswa dalam mejelaskan &#xD; materi pembelajaran sebelum di adakan tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 &#xD; siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. b) mengerjakan soal latihan sebelum &#xD; diadakan tindakan sebnyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus &#xD; III 33 siswa. c) keaktifan siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan sebelum &#xD; tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 &#xD; siswa. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan &#xD; menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi hasil belajar siswa dengan adanya &#xD; kenaikan KKM siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, nilai KKM siswa hanya &#xD; sebesar 59,11%, siklus I sebesar 62,04%, siklus II sebesar 65,83% dan pada siklus &#xD; III sebesar 71,02%. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil &#xD; kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here &#xD; dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan &#xD; Sosial (IPS). </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/1/1._Halaman_depan_dewi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/2/2._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/3/3.DEWI._BAB_II_ACC.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/6/4.BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/8/5.BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/9/6.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/13/8.Lampiran.pdf</identifier><identifier> UTAMI, DEWI SRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070274 </relation><recordID>13311</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author UTAMI, DEWI SRI
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13311/1/1._Halaman_depan_dewi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/2/2._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/3/3.DEWI._BAB_II_ACC.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/6/4.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/8/5.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/9/6.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/13/8.Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13311/
contents Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian atau penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan peta legenda. Hal ini dapat dilihat dari: a) keaktifan dan antusiasme siswa dalam mejelaskan materi pembelajaran sebelum di adakan tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. b) mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebnyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. c) keaktifan siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi hasil belajar siswa dengan adanya kenaikan KKM siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, nilai KKM siswa hanya sebesar 59,11%, siklus I sebesar 62,04%, siklus II sebesar 65,83% dan pada siklus III sebesar 71,02%. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
id IOS2728.13311
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:34Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:35Z
recordtype dc
_version_ 1765810570289741824
score 17.538404