PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011
Main Author: | UTAMI, DEWI SRI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13311/1/1._Halaman_depan_dewi.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/2/2._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/3/3.DEWI._BAB_II_ACC.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/6/4.BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/8/5.BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/9/6.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/13/8.Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/ |
ctrlnum |
13311 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13311/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011 </title><creator>UTAMI, DEWI SRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan 
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi 
pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini adalah PTK 
(penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian atau penerima tindakan adalah 
siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik 
pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. 
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. 
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam 
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan peta legenda. 
Hal ini dapat dilihat dari: a) keaktifan dan antusiasme siswa dalam mejelaskan 
materi pembelajaran sebelum di adakan tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 
siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. b) mengerjakan soal latihan sebelum 
diadakan tindakan sebnyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus 
III 33 siswa. c) keaktifan siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan sebelum 
tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 
siswa. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan 
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi hasil belajar siswa dengan adanya 
kenaikan KKM siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, nilai KKM siswa hanya 
sebesar 59,11%, siklus I sebesar 62,04%, siklus II sebesar 65,83% dan pada siklus 
III sebesar 71,02%. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil 
kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here 
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan 
Sosial (IPS). </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/1/1._Halaman_depan_dewi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/2/2._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/3/3.DEWI._BAB_II_ACC.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/6/4.BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/8/5.BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/9/6.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13311/13/8.Lampiran.pdf</identifier><identifier> UTAMI, DEWI SRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070274 </relation><recordID>13311</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
UTAMI, DEWI SRI |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13311/1/1._Halaman_depan_dewi.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/2/2._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/3/3.DEWI._BAB_II_ACC.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/6/4.BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/8/5.BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/9/6.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/13/8.Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13311/ |
contents |
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi
pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini adalah PTK
(penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian atau penerima tindakan adalah
siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan peta legenda.
Hal ini dapat dilihat dari: a) keaktifan dan antusiasme siswa dalam mejelaskan
materi pembelajaran sebelum di adakan tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20
siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. b) mengerjakan soal latihan sebelum
diadakan tindakan sebnyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus
III 33 siswa. c) keaktifan siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan sebelum
tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33
siswa. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi hasil belajar siswa dengan adanya
kenaikan KKM siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, nilai KKM siswa hanya
sebesar 59,11%, siklus I sebesar 62,04%, siklus II sebesar 65,83% dan pada siklus
III sebesar 71,02%. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil
kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS). |
id |
IOS2728.13311 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:34Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810570289741824 |
score |
17.538404 |