MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: MUNAJAD, MUNAJAD
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13273/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/20/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/
ctrlnum 13273
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13273/</relation><title>MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA&#x2019;ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 </title><creator>MUNAJAD, MUNAJAD</creator><subject>L Education (General)</subject><description>belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, &#xD; prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher &#xD; Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa &#xD; terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide, &#xD; keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru. &#xD; Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai &#xD; post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika &#xD; kelas VIII B MTs Ma&#x2019;arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah &#xD; siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang &#xD; bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik &#xD; kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. &#xD; Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model &#xD; dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian &#xD; data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya &#xD; peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is &#xD; Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan &#xD; limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata-&#xD; rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai &#xD; kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata &#xD; nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I, &#xD; ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III &#xD; ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif &#xD; 42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode &#xD; Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi &#xD; mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian-&#xD; bagiannya. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/20/lampiran.pdf</identifier><identifier> MUNAJAD, MUNAJAD (2011) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA&#x2019;ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060063</relation><recordID>13273</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MUNAJAD, MUNAJAD
title MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13273/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/20/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13273/
contents belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide, keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru. Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII B MTs Ma’arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata- rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I, ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif 42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian- bagiannya.
id IOS2728.13273
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:31Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:33Z
recordtype dc
_version_ 1765810570150281216
score 17.538404