MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Main Author: | MUNAJAD, MUNAJAD |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13273/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/20/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/ |
ctrlnum |
13273 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13273/</relation><title>MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 </title><creator>MUNAJAD, MUNAJAD</creator><subject>L Education (General)</subject><description>belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, 
prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher 
Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa 
terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide, 
keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru. 
Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai 
post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika 
kelas VIII B MTs Ma’arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah 
siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang 
bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik 
kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. 
Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model 
dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian 
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 
peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is 
Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan 
limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata-
rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai 
kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata 
nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I, 
ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III 
ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif 
42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode 
Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi 
mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian-
bagiannya. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13273/20/lampiran.pdf</identifier><identifier> MUNAJAD, MUNAJAD (2011) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060063</relation><recordID>13273</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
MUNAJAD, MUNAJAD |
title |
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13273/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/20/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13273/ |
contents |
belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok,
prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher
Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa
terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide,
keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru.
Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai
post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika
kelas VIII B MTs Ma’arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah
siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang
bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik
kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model
dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is
Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan
limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata-
rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai
kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata
nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I,
ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III
ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif
42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode
Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi
mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian-
bagiannya. |
id |
IOS2728.13273 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:31Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810570150281216 |
score |
17.538404 |