ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011

Main Author: KURNIAWATI , RINA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13265/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/12/BAB__V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/16/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/
ctrlnum 13265
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13265/</relation><title>ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011 </title><creator>KURNIAWATI , RINA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang &#xD; dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi &#xD; Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam &#xD; menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) Untuk mengetahui &#xD; pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar yang dimiliki mahasiswa dalam &#xD; mengerjakan soal ujuan semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. &#xD; Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta &#xD; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi. &#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008/2009 yang &#xD; terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 180 orang. Sampel &#xD; diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling. &#xD; Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, dan dokumentasi. Teknik &#xD; analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 &#xD; dan &#xD; perhitungan sumbangan relative,sumbangan efektif dan rumus prosentase. &#xD; Hasil penelitian ini adalah 1) Aspek kognitif berpengaruh positif terhadap &#xD; kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, &#xD; yaitu 3,696 &gt; 2,018 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,049. 2)Rutinitas belajar &#xD; berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan &#xD; uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 2,366 &gt; 2,018 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu &#xD; 0,071. 3) Aspek kognitif dan Rutinitas Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan &#xD; terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Kesimpulan ini &#xD; berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 4,394 &#xD; &gt; 3,220 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh &#xD; kombinasi variabel aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap kesulitan &#xD; mengerjakan soal adalah sebesar 1,8% sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi oleh &#xD; variabel lain 5) Variabel aspek kognitif memberikan sumbangan efektif 1,33%. &#xD; Variabel rutinitas belajar memberikan sumbangan efektif 0,47%. Berdasarkan &#xD; besarnya sumbangan efektif,variabel aspek kognitif memiliki pengaruh yang lebih &#xD; dominan terhadap kesulitan mengerjakan soal dibanding variabel rutinitas belajar. &#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/12/BAB__V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/16/Lampiran.pdf</identifier><identifier> KURNIAWATI , RINA (2011) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210070088 </relation><recordID>13265</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KURNIAWATI , RINA
title ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13265/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/12/BAB__V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/16/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13265/
contents Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujuan semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008/2009 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 180 orang. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 dan perhitungan sumbangan relative,sumbangan efektif dan rumus prosentase. Hasil penelitian ini adalah 1) Aspek kognitif berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,696 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,049. 2)Rutinitas belajar berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,366 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,071. 3) Aspek kognitif dan Rutinitas Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 4,394 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap kesulitan mengerjakan soal adalah sebesar 1,8% sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi oleh variabel lain 5) Variabel aspek kognitif memberikan sumbangan efektif 1,33%. Variabel rutinitas belajar memberikan sumbangan efektif 0,47%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif,variabel aspek kognitif memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kesulitan mengerjakan soal dibanding variabel rutinitas belajar.
id IOS2728.13265
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:31Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:33Z
recordtype dc
_version_ 1765810570113581056
score 17.538404