ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
Main Author: | KURNIAWATI , RINA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13265/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/12/BAB__V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/16/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/ |
ctrlnum |
13265 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13265/</relation><title>ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011 </title><creator>KURNIAWATI , RINA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang 
dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi 
Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam 
menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) Untuk mengetahui 
pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar yang dimiliki mahasiswa dalam 
mengerjakan soal ujuan semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. 
Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi. 
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008/2009 yang 
terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 180 orang. Sampel 
diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling. 
Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, dan dokumentasi. Teknik 
analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 
dan 
perhitungan sumbangan relative,sumbangan efektif dan rumus prosentase. 
Hasil penelitian ini adalah 1) Aspek kognitif berpengaruh positif terhadap 
kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, 
yaitu 3,696 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,049. 2)Rutinitas belajar 
berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan 
uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,366 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 
0,071. 3) Aspek kognitif dan Rutinitas Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan 
terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Kesimpulan ini 
berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 4,394 
> 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh 
kombinasi variabel aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap kesulitan 
mengerjakan soal adalah sebesar 1,8% sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi oleh 
variabel lain 5) Variabel aspek kognitif memberikan sumbangan efektif 1,33%. 
Variabel rutinitas belajar memberikan sumbangan efektif 0,47%. Berdasarkan 
besarnya sumbangan efektif,variabel aspek kognitif memiliki pengaruh yang lebih 
dominan terhadap kesulitan mengerjakan soal dibanding variabel rutinitas belajar. 

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/12/BAB__V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13265/16/Lampiran.pdf</identifier><identifier> KURNIAWATI , RINA (2011) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210070088 </relation><recordID>13265</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
KURNIAWATI , RINA |
title |
ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13265/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/12/BAB__V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/16/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13265/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang
dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi
Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam
menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) Untuk mengetahui
pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar yang dimiliki mahasiswa dalam
mengerjakan soal ujuan semester mata kuliah Akuntansi Perbankan.
Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008/2009 yang
terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 180 orang. Sampel
diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2
dan
perhitungan sumbangan relative,sumbangan efektif dan rumus prosentase.
Hasil penelitian ini adalah 1) Aspek kognitif berpengaruh positif terhadap
kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel,
yaitu 3,696 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,049. 2)Rutinitas belajar
berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan
uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,366 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu
0,071. 3) Aspek kognitif dan Rutinitas Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Kesimpulan ini
berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 4,394
> 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh
kombinasi variabel aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap kesulitan
mengerjakan soal adalah sebesar 1,8% sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi oleh
variabel lain 5) Variabel aspek kognitif memberikan sumbangan efektif 1,33%.
Variabel rutinitas belajar memberikan sumbangan efektif 0,47%. Berdasarkan
besarnya sumbangan efektif,variabel aspek kognitif memiliki pengaruh yang lebih
dominan terhadap kesulitan mengerjakan soal dibanding variabel rutinitas belajar.
|
id |
IOS2728.13265 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:31Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810570113581056 |
score |
17.538404 |