UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I MANYARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: WARDANI , IDA BAYU
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13166/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/4/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/5/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/7/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/9/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/11/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13166/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode index card match. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V sebagai guru mitra. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penilaian hasil belajar siswa yaitu : pra tindakan 56,4 siklus I 62,1 siklus II 70,5 siklus III 79,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011.