UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MATERI GAYA MAGNET SDN 2 TLOBONG DELANGGU

Main Author: FITRIASTUTI , FATIKA CANDRA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13158/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13158/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa: a) mendengarkan penjelasan guru, sebelum tindakan 30,7%, setelah tindakan 92,3%, b) mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 15,3%, setelah tindakan 76,9%, c) menanggapi pertanyaan yang diajukan guru atau teman lain, sebelum tindakan 23,07%, setelah tindakan 84,6%, d) mengemukakan ide/gagasan, sebelum tindakan 15,3%, setelah tindakan 76,9%, e) menyelesaikan tugas atau mengerjakan soal, sebelum tindakan 46,1%, setelah tindakan 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatakan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA sehingga berdampak pada hasil belajar.