PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: WAHYUNI , TRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13152/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/4/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/5/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/6/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/8/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/
ctrlnum 13152
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13152/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011 </title><creator> WAHYUNI , TRI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan &#xD; hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher &#xD; Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang &#xD; meliputi metode observasi dan metode tes serta metode bantu yang meliputi &#xD; catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut &#xD; menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here &#xD; dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (a) siswa yang berani mengajukan &#xD; pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,07%, dan pada akhir tindakan 65,78%, &#xD; (b) siswa yang aktif mengerjakan soal sebelum tindakan sebesar 86,61%, dan &#xD; akhir tindakan 100%, (c) siswa yang berani menjawab pertanyaan sebelum &#xD; tindakan sebesar 12,82%, dan pada akhir tindakan 34,21%. Mengacu hasil &#xD; penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model &#xD; pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar &#xD; siswa dalam pembelajaran IPA. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/2/03_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/3/04_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/4/05_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/5/06_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/6/07_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/8/09_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WAHYUNI , TRI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070063</relation><recordID>13152</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WAHYUNI , TRI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13152/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/4/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/5/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/6/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/8/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13152/
contents Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi metode observasi dan metode tes serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (a) siswa yang berani mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,07%, dan pada akhir tindakan 65,78%, (b) siswa yang aktif mengerjakan soal sebelum tindakan sebesar 86,61%, dan akhir tindakan 100%, (c) siswa yang berani menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,82%, dan pada akhir tindakan 34,21%. Mengacu hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
id IOS2728.13152
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810569490726912
score 17.538404