PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | WAHYUNI , TRI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13152/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/2/03_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/3/04_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/4/05_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/5/06_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/6/07_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/8/09_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/ |
ctrlnum |
13152 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13152/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011 </title><creator> WAHYUNI , TRI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan 
hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher 
Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang 
meliputi metode observasi dan metode tes serta metode bantu yang meliputi 
catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut 
menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here 
dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (a) siswa yang berani mengajukan 
pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,07%, dan pada akhir tindakan 65,78%, 
(b) siswa yang aktif mengerjakan soal sebelum tindakan sebesar 86,61%, dan 
akhir tindakan 100%, (c) siswa yang berani menjawab pertanyaan sebelum 
tindakan sebesar 12,82%, dan pada akhir tindakan 34,21%. Mengacu hasil 
penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model 
pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar 
siswa dalam pembelajaran IPA. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/2/03_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/3/04_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/4/05_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/5/06_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/6/07_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13152/8/09_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WAHYUNI , TRI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070063</relation><recordID>13152</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WAHYUNI , TRI |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13152/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/2/03_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/3/04_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/4/05_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/5/06_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/6/07_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/8/09_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13152/ |
contents |
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher
Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang
meliputi metode observasi dan metode tes serta metode bantu yang meliputi
catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here
dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (a) siswa yang berani mengajukan
pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,07%, dan pada akhir tindakan 65,78%,
(b) siswa yang aktif mengerjakan soal sebelum tindakan sebesar 86,61%, dan
akhir tindakan 100%, (c) siswa yang berani menjawab pertanyaan sebelum
tindakan sebesar 12,82%, dan pada akhir tindakan 34,21%. Mengacu hasil
penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model
pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPA. |
id |
IOS2728.13152 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810569490726912 |
score |
17.538404 |