PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | PRATIWI, SEPTIANA DYAH |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13047/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/2/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/4/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/8/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/10/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/22/9._lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13047/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 74,51% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 89,22%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai 61 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (23,53%), dan mencapai 30 siswa (88,23%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.