ctrlnum 12827
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/12827/</relation><title>PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI DEEP DIALOGUE KELAS IV SDN KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 </title><creator>SARI, IDA KARTIKA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar &#xD; IPA dan peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi &#xD; deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek &#xD; penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Kleco 2 Surakarta yang berjumlah 38 &#xD; siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan &#xD; dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan &#xD; langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil &#xD; penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam &#xD; pembelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan kenampakan alam. Hal ini dapat &#xD; dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 57,99 &#xD; %, di akhir putaran mencapai 78,95 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum &#xD; diadakan tindakan sebesar 65,79 %, di akhir putaran mencapai 92,10 %, serta 3) &#xD; mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 71,05 %, pada di &#xD; akhir putaran mencapai 94,74 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan &#xD; sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. &#xD; Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap &#xD; 60,53 %, sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap &#xD; 94,73 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis deep &#xD; dialogue dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga &#xD; berdampak pada peningkatan prestasi belajar. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/2/03_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/3/04_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/6/05_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/8/06_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/10/07_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/13/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12827/15/09_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SARI, IDA KARTIKA (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI DEEP DIALOGUE KELAS IV SDN KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070230</relation><recordID>12827</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SARI, IDA KARTIKA
title PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI DEEP DIALOGUE KELAS IV SDN KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/12827/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/6/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/8/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/10/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/13/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/15/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12827/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA dan peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Kleco 2 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan kenampakan alam. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 57,99 %, di akhir putaran mencapai 78,95 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 65,79 %, di akhir putaran mencapai 92,10 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 71,05 %, pada di akhir putaran mencapai 94,74 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 60,53 %, sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 94,73 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis deep dialogue dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
id IOS2728.12827
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:12Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:14Z
recordtype dc
_version_ 1765810567624261632
score 17.538404