UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Main Author: ERMAWATI , SELPIA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/12819/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/20/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/
ctrlnum 12819
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/12819/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011) </title><creator>ERMAWATI , SELPIA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil &#xD; belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu &#xD; dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis &#xD; penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). &#xD; Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pandean &#xD; yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui &#xD; observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, &#xD; digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah &#xD; triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik &#xD; pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk &#xD; memperoleh kepercayan terhadap suatu data dengan membandingkan &#xD; data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, &#xD; guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan &#xD; data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang &#xD; berbeda, misalnya observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik &#xD; analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Pendekatan &#xD; kualitatif sebenarnya merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan &#xD; data deskriptif yang terdiri dari permasalahan, perencanaan, &#xD; pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan &#xD; adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran pengukuran &#xD; waktu. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa &#xD; yang sebelumnya hanya 52,59%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai &#xD; menjadi 62,22% ( mengalami peningkatan sebesar 9,63% ). Pada siklus &#xD; II hasil belajar yang dicapai sebesar 72,22% ( mengalami peningkatan &#xD; sebesar 10% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai &#xD; menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 14,07% ). Penelitian &#xD; ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Notasi Jam dapat &#xD; meningkatkan hasil belajar matematika. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12819/20/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ERMAWATI , SELPIA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070110 </relation><recordID>12819</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ERMAWATI , SELPIA
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/12819/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/20/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12819/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pandean yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh kepercayan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda, misalnya observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Pendekatan kualitatif sebenarnya merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang terdiri dari permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran pengukuran waktu. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 52,59%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 62,22% ( mengalami peningkatan sebesar 9,63% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 72,22% ( mengalami peningkatan sebesar 10% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 14,07% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Notasi Jam dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
id IOS2728.12819
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:12Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:14Z
recordtype dc
_version_ 1765810567595950080
score 17.538404