UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT )TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( PTK Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD N Pelemgadung I Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 )

Main Author: RAHMAHWATI , ANNISA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/12811/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/2/BAB_I_%281-6%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/5/BAB_II_%287-36%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/6/BAB_III_%2837-59%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/7/BAB_IV_%2860-82%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/8/BAB_V_%2883-86%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/9/DAFTAR_PUSTAKA_%2887-88%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/
ctrlnum 12811
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/12811/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT )TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( PTK Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD N Pelemgadung I Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 ) </title><creator>RAHMAHWATI , ANNISA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar &#xD; matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games &#xD; Tournaments pada siswa kelas V SD Negeri Pelemgadung I Karang Malang &#xD; Sragen semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan &#xD; penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa &#xD; kelas V SD Negeri Pelemgadung I yang berjumlah 33 siswa. Metode &#xD; pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. &#xD; Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis &#xD; interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan &#xD; penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar &#xD; matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar &#xD; matematika meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 39,3 &#xD; %, siklus I 54,4 %, siklus II 68,7 %, dan di akhir tindakan 78,1 %, 2) &#xD; mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,1 %, siklus I 30,3 %, siklus II 56,2 &#xD; %, dan di akhir tindakan 62,5 %, 3) tim yang mendapat nilai rata-rata &#x2265; 40 &#xD; sebelum tindakan 0 %, siklus I 33,3 %, siklus II 66,7 %, dan di akhir tindakan 100 &#xD; %, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 27,2 %, siklus I 36,3 %, siklus II &#xD; 78,1 %, dan di akhir tindakan 87,5 %,. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa &#xD; melalui pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dalam &#xD; pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada &#xD; pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pasa siswa kelas V semester genap SD N &#xD; Pelemgadung I tahun ajaran 2010/2011. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/2/BAB_I_%281-6%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/5/BAB_II_%287-36%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/6/BAB_III_%2837-59%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/7/BAB_IV_%2860-82%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/8/BAB_V_%2883-86%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/9/DAFTAR_PUSTAKA_%2887-88%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12811/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RAHMAHWATI , ANNISA (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT )TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( PTK Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD N Pelemgadung I Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070065</relation><recordID>12811</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RAHMAHWATI , ANNISA
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT )TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( PTK Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD N Pelemgadung I Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 )
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/12811/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/2/BAB_I_%281-6%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/5/BAB_II_%287-36%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/6/BAB_III_%2837-59%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/7/BAB_IV_%2860-82%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/8/BAB_V_%2883-86%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/9/DAFTAR_PUSTAKA_%2887-88%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12811/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada siswa kelas V SD Negeri Pelemgadung I Karang Malang Sragen semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Pelemgadung I yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar matematika meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 39,3 %, siklus I 54,4 %, siklus II 68,7 %, dan di akhir tindakan 78,1 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,1 %, siklus I 30,3 %, siklus II 56,2 %, dan di akhir tindakan 62,5 %, 3) tim yang mendapat nilai rata-rata ≥ 40 sebelum tindakan 0 %, siklus I 33,3 %, siklus II 66,7 %, dan di akhir tindakan 100 %, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 27,2 %, siklus I 36,3 %, siklus II 78,1 %, dan di akhir tindakan 87,5 %,. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pasa siswa kelas V semester genap SD N Pelemgadung I tahun ajaran 2010/2011.
id IOS2728.12811
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:12Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:14Z
recordtype dc
_version_ 1765810567565541376
score 17.538404