PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011)
Main Author: | ENDRIASTUTI , PUTRI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/11917/1/Lampiran_Awal.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/8/BAB_IV_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/19/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/ |
ctrlnum |
11917 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11917/</relation><title>PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM 
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011)</title><creator> ENDRIASTUTI , PUTRI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa, 2) 
mendiskripsikan peningkatan kemampuan barnalar siswa dalam pembelajaran 
matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving dengan 
VCD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. 
Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 
Mojosongo, yang berjumlah 32 siswa. Obyek penelitian adalah keaktifan dan kemampuan 
bernalar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan 
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil 
penelitian ini: 1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari 
meningkatnya indikator keaktifan yang meliputi: a) mengerjakan soal di depan kelas 
sebelum tindakan 9,375 %, putaran I 31,25 %, putaran II 59,675 % dan di akhir tindakan 
81,25 %, b) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 6,21 %, putaran I 15,625 %, 
putaran II 28,125 % dan di akhir tindakan 40,625 %, c) menanggapi atau mengajukan 
pertanyaan sebelum tindakan 15,625 %, putaran I 34,375 %, putaran II 56,25 % dan di 
akhir tindakan 78,125 % serta 2) adanya peningkatan kemampuan bernalar siswa yang 
mengerjakan soal dengan langkah dan jawaban yang tepat sebelum tindakan 9,375 %, 
putaran I 31,25 %, putaran II 62,5 % dan di akhir tindakan 81,25 %. Kesimpulan 
penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Creative problem solving 
dengan VCD dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan bernalar siswa. 
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/1/Lampiran_Awal.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/8/BAB_IV_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/19/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf</identifier><identifier> ENDRIASTUTI , PUTRI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070130</relation><recordID>11917</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
ENDRIASTUTI , PUTRI |
title |
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011) |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/11917/1/Lampiran_Awal.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/8/BAB_IV_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/19/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf http://eprints.ums.ac.id/11917/ |
contents |
Tujuan penelitian ini 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa, 2)
mendiskripsikan peningkatan kemampuan barnalar siswa dalam pembelajaran
matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving dengan
VCD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif.
Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIF SMP Negeri 2
Mojosongo, yang berjumlah 32 siswa. Obyek penelitian adalah keaktifan dan kemampuan
bernalar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil
penelitian ini: 1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari
meningkatnya indikator keaktifan yang meliputi: a) mengerjakan soal di depan kelas
sebelum tindakan 9,375 %, putaran I 31,25 %, putaran II 59,675 % dan di akhir tindakan
81,25 %, b) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 6,21 %, putaran I 15,625 %,
putaran II 28,125 % dan di akhir tindakan 40,625 %, c) menanggapi atau mengajukan
pertanyaan sebelum tindakan 15,625 %, putaran I 34,375 %, putaran II 56,25 % dan di
akhir tindakan 78,125 % serta 2) adanya peningkatan kemampuan bernalar siswa yang
mengerjakan soal dengan langkah dan jawaban yang tepat sebelum tindakan 9,375 %,
putaran I 31,25 %, putaran II 62,5 % dan di akhir tindakan 81,25 %. Kesimpulan
penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Creative problem solving
dengan VCD dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan bernalar siswa.
|
id |
IOS2728.11917 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:37:32Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:37:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810562020671488 |
score |
17.538404 |