PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011)

Main Author: ENDRIASTUTI , PUTRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11917/1/Lampiran_Awal.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/8/BAB_IV_NEW.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/19/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/
ctrlnum 11917
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11917/</relation><title>PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM &#xD; PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011)</title><creator> ENDRIASTUTI , PUTRI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa, 2) &#xD; mendiskripsikan peningkatan kemampuan barnalar siswa dalam pembelajaran &#xD; matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving dengan &#xD; VCD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. &#xD; Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 &#xD; Mojosongo, yang berjumlah 32 siswa. Obyek penelitian adalah keaktifan dan kemampuan &#xD; bernalar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan &#xD; dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil &#xD; penelitian ini: 1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari &#xD; meningkatnya indikator keaktifan yang meliputi: a) mengerjakan soal di depan kelas &#xD; sebelum tindakan 9,375 %, putaran I 31,25 %, putaran II 59,675 % dan di akhir tindakan &#xD; 81,25 %, b) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 6,21 %, putaran I 15,625 %, &#xD; putaran II 28,125 % dan di akhir tindakan 40,625 %, c) menanggapi atau mengajukan &#xD; pertanyaan sebelum tindakan 15,625 %, putaran I 34,375 %, putaran II 56,25 % dan di &#xD; akhir tindakan 78,125 % serta 2) adanya peningkatan kemampuan bernalar siswa yang &#xD; mengerjakan soal dengan langkah dan jawaban yang tepat sebelum tindakan 9,375 %, &#xD; putaran I 31,25 %, putaran II 62,5 % dan di akhir tindakan 81,25 %. Kesimpulan &#xD; penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Creative problem solving &#xD; dengan VCD dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan bernalar siswa. &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/1/Lampiran_Awal.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/8/BAB_IV_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11917/19/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf</identifier><identifier> ENDRIASTUTI , PUTRI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070130</relation><recordID>11917</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ENDRIASTUTI , PUTRI
title PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11917/1/Lampiran_Awal.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/8/BAB_IV_NEW.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/19/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11917/
contents Tujuan penelitian ini 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa, 2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan barnalar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving dengan VCD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Mojosongo, yang berjumlah 32 siswa. Obyek penelitian adalah keaktifan dan kemampuan bernalar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: 1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan yang meliputi: a) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 9,375 %, putaran I 31,25 %, putaran II 59,675 % dan di akhir tindakan 81,25 %, b) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 6,21 %, putaran I 15,625 %, putaran II 28,125 % dan di akhir tindakan 40,625 %, c) menanggapi atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,625 %, putaran I 34,375 %, putaran II 56,25 % dan di akhir tindakan 78,125 % serta 2) adanya peningkatan kemampuan bernalar siswa yang mengerjakan soal dengan langkah dan jawaban yang tepat sebelum tindakan 9,375 %, putaran I 31,25 %, putaran II 62,5 % dan di akhir tindakan 81,25 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Creative problem solving dengan VCD dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan bernalar siswa.
id IOS2728.11917
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810562020671488
score 17.538404