PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11913/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/8/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/14/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/19/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/
ctrlnum 11913
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11913/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI &#xD; PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA &#xD; SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011 </title><creator>WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar &#xD; biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan &#xD; media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa &#xD; Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, &#xD; tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran &#xD; Learning Starts With A Question dengan media gambar yang dilakukan dalam dua &#xD; siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap &#xD; siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase &#xD; keaktifan siswa pada siklus I (aspek kognitif=80,22 atau meningkat 5,65 dari &#xD; observasi awal 74,57; aspek afektif=34,49. Prosentase keaktifan siswa pada siklus &#xD; II (aspek kognitif=87,17 atau meningkat 6,95 dari siklus I; aspek afektif=44,13 &#xD; atau meningkat 9,64 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan &#xD; bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts &#xD; With A Question dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa Kelas VII A &#xD; SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. &#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/8/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/14/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11913/19/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420070104 </relation><recordID>11913</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WICITRA , LUSITA EGARAVELLA KUSUMA
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SLUKE KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11913/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/8/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/14/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/19/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11913/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dengan media gambar yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (aspek kognitif=80,22 atau meningkat 5,65 dari observasi awal 74,57; aspek afektif=34,49. Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (aspek kognitif=87,17 atau meningkat 6,95 dari siklus I; aspek afektif=44,13 atau meningkat 9,64 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Sluke Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011.
id IOS2728.11913
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810562004942848
score 17.538404