PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011)

Main Author: ASTUTI, YULIANA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11903/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/10/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/13/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/15/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/
ctrlnum 11903
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11903/</relation><title>PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011)</title><creator>ASTUTI, YULIANA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran probing-prompting dan metode cooperative script, (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran probing-prompting dan metode cooperative script. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan review. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilaksanakan dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada peningkatan kedisiplinan, dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: (a) Mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 44,12% dan setelah tindakan 73,53%, (b) Datang tepat waktu sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan 88,24%, (c) Menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 82,35%, (d) Menyelesaikan PR sebelum tindakan 61,76% dan setelah tindakan 88,24%. 2) Ada peningkatan prestasi, yaitu: nilai siswa di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM &#x2265; 65) sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan 76,47%. Dengan demikian, ada peningkatan kedisiplinan dan prestasi siswa melalui penerapan model pembelajaran probing-prompting dan metode cooperative script pada pokok bahasan lingkaran kelas VIIIC.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/2/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/8/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/10/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/13/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11903/15/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ASTUTI, YULIANA (2011) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070038</relation><recordID>11903</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ASTUTI, YULIANA
title PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/11903/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/10/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/13/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/15/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11903/
contents Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran probing-prompting dan metode cooperative script, (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran probing-prompting dan metode cooperative script. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan review. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilaksanakan dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada peningkatan kedisiplinan, dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: (a) Mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 44,12% dan setelah tindakan 73,53%, (b) Datang tepat waktu sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan 88,24%, (c) Menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 82,35%, (d) Menyelesaikan PR sebelum tindakan 61,76% dan setelah tindakan 88,24%. 2) Ada peningkatan prestasi, yaitu: nilai siswa di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM ≥ 65) sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan 76,47%. Dengan demikian, ada peningkatan kedisiplinan dan prestasi siswa melalui penerapan model pembelajaran probing-prompting dan metode cooperative script pada pokok bahasan lingkaran kelas VIIIC.
id IOS2728.11903
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810561969291264
score 17.538404