PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KAYUAPAK KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: ARIYANTI , FITRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11884/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/2/bab1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/3/bab_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/4/bab_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/7/bab_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/8/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/17/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11884/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/20110. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaah teknik analisis deskriptif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 60% dan meningkat pada siklus II sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus II dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi nilai KKM 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 02 Kayuapak kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.