PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | VIKTORI DM., RINA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/11883/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/10/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/ |
ctrlnum |
11883 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11883/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011 </title><creator>VIKTORI DM., RINA </creator><subject>L Education (General)</subject><description> 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan 
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat 
meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD 
Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini 
merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga 
siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, 
tindakan, observasi, dan refleksi. 
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik 
deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran 
data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil diperoleh dari 
nilai hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Berorganisasi. 
Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data 
ketuntasan belajar siswa sebelum pada siklus I adalah 48%, kemudian meningkat 
pada siklus II sebesar 80%, dan meningkat secara signifikan pada siklus III 
sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada 
setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 100% siswa dapat 
memenuhi standar nilai KKM (62). Sehingga dapat disimpulkan bahwa 
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat 
meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD 
Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/10/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> VIKTORI DM., RINA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070693 </relation><recordID>11883</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
VIKTORI DM., RINA |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/11883/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/10/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/11883/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat
meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD
Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga
siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran
data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil diperoleh dari
nilai hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Berorganisasi.
Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data
ketuntasan belajar siswa sebelum pada siklus I adalah 48%, kemudian meningkat
pada siklus II sebesar 80%, dan meningkat secara signifikan pada siklus III
sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada
setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 100% siswa dapat
memenuhi standar nilai KKM (62). Sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat
meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD
Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. |
id |
IOS2728.11883 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:37:32Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:37:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810561893793792 |
score |
17.538404 |