PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: VIKTORI DM., RINA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11883/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/10/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/
ctrlnum 11883
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11883/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011 </title><creator>VIKTORI DM., RINA </creator><subject>L Education (General)</subject><description> &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan &#xD; pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat &#xD; meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD &#xD; Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini &#xD; merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga &#xD; siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, &#xD; tindakan, observasi, dan refleksi. &#xD; Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik &#xD; deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran &#xD; data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil diperoleh dari &#xD; nilai hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Berorganisasi. &#xD; Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data &#xD; ketuntasan belajar siswa sebelum pada siklus I adalah 48%, kemudian meningkat &#xD; pada siklus II sebesar 80%, dan meningkat secara signifikan pada siklus III &#xD; sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada &#xD; setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 100% siswa dapat &#xD; memenuhi standar nilai KKM (62). Sehingga dapat disimpulkan bahwa &#xD; pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat &#xD; meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD &#xD; Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11883/10/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> VIKTORI DM., RINA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070693 </relation><recordID>11883</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author VIKTORI DM., RINA
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11883/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/10/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11883/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil diperoleh dari nilai hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Berorganisasi. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa sebelum pada siklus I adalah 48%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 80%, dan meningkat secara signifikan pada siklus III sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi standar nilai KKM (62). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011.
id IOS2728.11883
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810561893793792
score 17.538404