MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI METODE ILMIAH MELALUI STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN QUESTION STUDENT HAVE PADA SISWA KELAS X TKJ2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | YULIANTI , TITIK |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/11838/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/4/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/8/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/11/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/14/9._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/11838/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Metode Ilmiah dengan penggunaan strategi Learning Starts With A Question dan Question Students Have siswa kelas X TKJ 2 SMK M uhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Learning Starts With A Question dan Question Students Have yang dilakukan dal am dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 63,35 dari nilai awal sebesar 47,43; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 11,12 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 83,86 dari siklus I yang hanya 63,35; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 13,29 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts With A Question dan Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas X TKJ2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.