PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEAM QUIZ DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Kelas VII Semester II di SMP NEGERI 2 Colomadu)

Main Author: SETYANINGSIH, NITA ANDRIANI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11704/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/17/Lampiran_-_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/
ctrlnum 11704
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11704/</relation><title>PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEAM QUIZ DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG &#xD; (PTK Kelas VII Semester II di SMP NEGERI 2 Colomadu) </title><creator> SETYANINGSIH, NITA ANDRIANI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa &#xD; dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Team Quiz &#xD; dan Questions Students Have, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa setelah &#xD; dilakukan proses pembelajaran matematika pada persegi dan persegi panjang &#xD; melalui penerapan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have. Subjek &#xD; pelaksana tindakan adalah guru dan subjek yang membantu pelaksana adalah &#xD; peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode &#xD; observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisis Data yang &#xD; digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan &#xD; keaktifan siswa dalam (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 4 &#xD; siswa (9,7%) setelah tindakan 21 siswa (51,2%), (2) mengerjakan soal-soal latihan &#xD; di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (12,2%) setelah tindakan 23 &#xD; siswa ( 56,1%), (3) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 3 siswa &#xD; (7,3%) setelah tindakan 20 siswa (48,8%), (4) menjawab pertanyaan sebelum &#xD; tindakan 6 siswa (14,6%) sesudah tindakan 24 siswa (58,5%), (5) menyanggah &#xD; atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 5 siswa (12,2%) sesudah tindakan 21 &#xD; siswa (51,2%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian &#xD; menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan &#xD; siswa yang mendapat nilai lebih besar sama dengan 70 sebelum tindakan 12 siswa &#xD; (29,3%) sesudah tindakan 29 siswa (70,7%). Dengan demikian penelitian ini dapat &#xD; disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Team Quiz dan &#xD; Questions Students Have dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11704/17/Lampiran_-_Lampiran.pdf</identifier><identifier> SETYANINGSIH, NITA ANDRIANI (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEAM QUIZ DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Kelas VII Semester II di SMP NEGERI 2 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060285 </relation><recordID>11704</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYANINGSIH, NITA ANDRIANI
title PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEAM QUIZ DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Kelas VII Semester II di SMP NEGERI 2 Colomadu)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11704/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/17/Lampiran_-_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11704/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dilakukan proses pembelajaran matematika pada persegi dan persegi panjang melalui penerapan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have. Subjek pelaksana tindakan adalah guru dan subjek yang membantu pelaksana adalah peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisis Data yang digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (9,7%) setelah tindakan 21 siswa (51,2%), (2) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (12,2%) setelah tindakan 23 siswa ( 56,1%), (3) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 3 siswa (7,3%) setelah tindakan 20 siswa (48,8%), (4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6 siswa (14,6%) sesudah tindakan 24 siswa (58,5%), (5) menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 5 siswa (12,2%) sesudah tindakan 21 siswa (51,2%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan siswa yang mendapat nilai lebih besar sama dengan 70 sebelum tindakan 12 siswa (29,3%) sesudah tindakan 29 siswa (70,7%). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
id IOS2728.11704
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:23Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:27Z
recordtype dc
_version_ 1765810560746651648
score 17.538404