EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011)

Main Author: HERMANTO , DWI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11689/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/19/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/
ctrlnum 11689
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11689/</relation><title>EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011) </title><creator> HERMANTO , DWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi &#xD; belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa &#xD; terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 1 SMP N 03 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 &#xD; sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan &#xD; sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis &#xD; data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,387, (2) ada pengaruh kreativitas &#xD; siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan F = 0,532. </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/14/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/19/lampiran.pdf</identifier><identifier> HERMANTO , DWI (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060227 </relation><recordID>11689</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HERMANTO , DWI
title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11689/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/19/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11689/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 1 SMP N 03 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,387, (2) ada pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan F = 0,532.
id IOS2728.11689
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:22Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:27Z
recordtype dc
_version_ 1765810560691077120
score 17.538404