EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011)
Main Author: | HERMANTO , DWI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/11689/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/14/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/19/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/ |
ctrlnum |
11689 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11689/</relation><title>EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011) </title><creator> HERMANTO , DWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi 
belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa 
terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 1 SMP N 03 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 
sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan 
sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis 
data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,387, (2) ada pengaruh kreativitas 
siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan F = 0,532. </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/14/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11689/19/lampiran.pdf</identifier><identifier> HERMANTO , DWI (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060227 </relation><recordID>11689</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
HERMANTO , DWI |
title |
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011) |
publishDate |
2010 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/11689/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/14/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/19/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/11689/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi
belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa
terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 1 SMP N 03 Colomadu tahun ajaran 2010/2011
sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis
data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,387, (2) ada pengaruh kreativitas
siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan F = 0,532. |
id |
IOS2728.11689 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:37:22Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:37:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810560691077120 |
score |
17.538404 |