PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)

Main Author: ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11646/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/11/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/18/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/
ctrlnum 11646
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11646/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM &#xD; PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010) </title><creator> ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 27 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, &#xD; dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange. Hal ini dapat dilihat dari 1) berpikir kreatif siswa dalam menjelaskan/mendefinisikan konsep dengan kata-katanya sendiri sebelum tindakan sebesar 14,82%, pada putaran I 22,23%,pada putaran II 40,74% dan pada putaran III 48,15%, 2) berpikir kreatif siswa dalam &#xD; mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I 40,74%, pada putaran II 48,15% dan pada putaran III 55,56%, 3) berpikir kreatif siswa mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebesar 25,92%, pada putaran I 33,34%, pada putaran II 55,56% dan pada putaran III 88,89%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 77,78%, pada putaran I 81,18%, pada putaran II 96,29% dan pada putaran III mencapai 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran rotation trio exchange &#xD; dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/11/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/13/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11646/18/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060119 </relation><recordID>11646</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL
title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11646/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/11/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/18/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11646/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 27 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange. Hal ini dapat dilihat dari 1) berpikir kreatif siswa dalam menjelaskan/mendefinisikan konsep dengan kata-katanya sendiri sebelum tindakan sebesar 14,82%, pada putaran I 22,23%,pada putaran II 40,74% dan pada putaran III 48,15%, 2) berpikir kreatif siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I 40,74%, pada putaran II 48,15% dan pada putaran III 55,56%, 3) berpikir kreatif siswa mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebesar 25,92%, pada putaran I 33,34%, pada putaran II 55,56% dan pada putaran III 88,89%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 77,78%, pada putaran I 81,18%, pada putaran II 96,29% dan pada putaran III mencapai 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran rotation trio exchange dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.
id IOS2728.11646
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:22Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:22Z
recordtype dc
_version_ 1765810560548470784
score 17.538404