UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngrampal)

Main Author: RACHMAWATI R. , DESI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11624/1/File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11624/2/File_1._Skripsi_Desi_Rahcmawati_R.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11624/
ctrlnum 11624
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11624/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE &#xD; (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngrampal) </title><creator>RACHMAWATI R. , DESI </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi picture and picture dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngrampal. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa melalui strategi picture and picture. Hal ini dilihat dari aspek a). Mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 26,64% meningkat menjadi 51,28% pada akhir tindakan; b). Menanggapi guru dan siswa yang lain sebelum tindakan 2,56% meningkat menjadi 20,51% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 7,69% meningkat menjadi 17,95% setelah tindakan; dan d). Menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 5,13% meningkat menjadi 20,51% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi picture and picture dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11624/1/File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11624/2/File_1._Skripsi_Desi_Rahcmawati_R.pdf</identifier><identifier> RACHMAWATI R. , DESI (2010) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngrampal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060057 </relation><recordID>11624</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RACHMAWATI R. , DESI
title UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngrampal)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11624/1/File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11624/2/File_1._Skripsi_Desi_Rahcmawati_R.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11624/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi picture and picture dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngrampal. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa melalui strategi picture and picture. Hal ini dilihat dari aspek a). Mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 26,64% meningkat menjadi 51,28% pada akhir tindakan; b). Menanggapi guru dan siswa yang lain sebelum tindakan 2,56% meningkat menjadi 20,51% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 7,69% meningkat menjadi 17,95% setelah tindakan; dan d). Menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 5,13% meningkat menjadi 20,51% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi picture and picture dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok
id IOS2728.11624
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:22Z
recordtype dc
_version_ 1765810560212926464
score 17.538404