MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)

Main Author: SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11623/1/2._Halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/5/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/7/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/14/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/
ctrlnum 11623
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11623/</relation><title>MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)</title><creator>SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan&#xD; pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran&#xD; problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini&#xD; adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa&#xD; kelas VII MTsN Bekonang Filial Kartasura, yang berjumlah 26 siswa dan subjek&#xD; pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode&#xD; pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan&#xD; dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik&#xD; analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang&#xD; terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil&#xD; penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika&#xD; siswa pada pokok bahasan bilangan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan&#xD; siswa mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu dari suatu&#xD; konsep sebelum tindakan 23,1% dan setelah tindakan 77%, 2) Kemampuan siswa&#xD; membedakan contoh dan non contoh dari suatu konsep sebelum tindakan 30,8%&#xD; dan setelah tindakan 73,1%, serta 3) Kemampuan siswa menyatakan ulang suatu&#xD; konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 77%. Penelitian ini&#xD; menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe post solution&#xD; posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep&#xD; matematika siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/1/2._Halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/5/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/7/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/9/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11623/14/9._Lampiran.pdf</identifier><identifier> SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI (2011) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060090</relation><recordID>11623</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI
title MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11623/1/2._Halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/5/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/7/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/14/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11623/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII MTsN Bekonang Filial Kartasura, yang berjumlah 26 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu dari suatu konsep sebelum tindakan 23,1% dan setelah tindakan 77%, 2) Kemampuan siswa membedakan contoh dan non contoh dari suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 73,1%, serta 3) Kemampuan siswa menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
id IOS2728.11623
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:22Z
recordtype dc
_version_ 1765810560208732160
score 17.538404