PENINGKATAN PENGUASAAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VARIASI METODE KUMON (PTK Kelas III SDN Cakraningratan 32 Laweyan Tahun Ajaran 2009/2010)

Main Author: AMALIA K W , NURUL
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11619/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/3/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/18/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/
ctrlnum 11619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11619/</relation><title>PENINGKATAN PENGUASAAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VARIASI METODE KUMON (PTK Kelas III SDN Cakraningratan 32 Laweyan Tahun Ajaran 2009/2010) </title><creator> AMALIA K W , NURUL</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian dan pembagian siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran variasi metode kumon ,ke istimewaan &#xD; KUMON adalah bimbingan perseorangan sesuai ke mampuan masing &#x2013; masing siswa, bahan pelajaran di susun secara efektif , sistematis , dan step by step,siswa &#xD; di latih memahami dan mengerjakan soal dengan kemampuannya sendiri untuk membentuk kemandirian.metode ini berbantuan lembar kerja siswa dan lembar tugas siswa agar tindakan lebih efektif dan menyenagkan sehingga hasil belajar &#xD; optimal maka penelitian di dukung dengan media pembelajaran yanng inovatif melalui rolet magnet dan kartu remi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri Cakraningratan 32 berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis &#xD; data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mean (rata &#x2013; rata). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan perkalian dan pembagian siswa dalam menambah level kemampuan pembelajaran matematika. &#xD; Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa sebelum tindakan 14,3% sesudah tindakan menjadi 76% siswa, 2) kemampuan siswa sebelum tindakan 21,4%, sesudah tindakan menjadi 71,4%, 3) pemahaman si swa sebelum tindakan &#xD; 21,4%,sesudah tindakan menjadi 60,7%, 4) motivasi siswa sebbelum tindakan 10,7%, sesudah tindakan 53,6%, 5) kreatifitas siswa sebelum tindakan 17,9%, sesudah tindakan menjadi 75%, 6) kemandirian siswa sebelum tindakan siswa 14,2 % sesudah tindakan menjadi 89,2%. Hasil tes tertulis yang dilakukan secara step by step sebelum dan sesudah penelitian menunju kkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam perkalian dan pembagian. Sebelum tindakan kemampuan perkalian dan pembagian belajar &#xD; siswa yang mendapat nilai &gt; 6,0 sebesar 57,1%, sesudah tindakan naik menjadi 92,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran denga variasi metode KUMON berbantuan lembar kerja siswa dan lembar tugas &#xD; dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian siswa menambah level kemampuan dan penguasaan perkalian,pembagian siswa. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/2/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/3/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/8/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/9/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11619/18/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> AMALIA K W , NURUL (2011) PENINGKATAN PENGUASAAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VARIASI METODE KUMON (PTK Kelas III SDN Cakraningratan 32 Laweyan Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410050043 </relation><recordID>11619</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author AMALIA K W , NURUL
title PENINGKATAN PENGUASAAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VARIASI METODE KUMON (PTK Kelas III SDN Cakraningratan 32 Laweyan Tahun Ajaran 2009/2010)
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/11619/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/3/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/18/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11619/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian dan pembagian siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran variasi metode kumon ,ke istimewaan KUMON adalah bimbingan perseorangan sesuai ke mampuan masing – masing siswa, bahan pelajaran di susun secara efektif , sistematis , dan step by step,siswa di latih memahami dan mengerjakan soal dengan kemampuannya sendiri untuk membentuk kemandirian.metode ini berbantuan lembar kerja siswa dan lembar tugas siswa agar tindakan lebih efektif dan menyenagkan sehingga hasil belajar optimal maka penelitian di dukung dengan media pembelajaran yanng inovatif melalui rolet magnet dan kartu remi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri Cakraningratan 32 berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mean (rata – rata). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan perkalian dan pembagian siswa dalam menambah level kemampuan pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa sebelum tindakan 14,3% sesudah tindakan menjadi 76% siswa, 2) kemampuan siswa sebelum tindakan 21,4%, sesudah tindakan menjadi 71,4%, 3) pemahaman si swa sebelum tindakan 21,4%,sesudah tindakan menjadi 60,7%, 4) motivasi siswa sebbelum tindakan 10,7%, sesudah tindakan 53,6%, 5) kreatifitas siswa sebelum tindakan 17,9%, sesudah tindakan menjadi 75%, 6) kemandirian siswa sebelum tindakan siswa 14,2 % sesudah tindakan menjadi 89,2%. Hasil tes tertulis yang dilakukan secara step by step sebelum dan sesudah penelitian menunju kkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam perkalian dan pembagian. Sebelum tindakan kemampuan perkalian dan pembagian belajar siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebesar 57,1%, sesudah tindakan naik menjadi 92,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran denga variasi metode KUMON berbantuan lembar kerja siswa dan lembar tugas dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian siswa menambah level kemampuan dan penguasaan perkalian,pembagian siswa.
id IOS2728.11619
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:22Z
recordtype dc
_version_ 1765810560193003520
score 17.538404