PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: MULIANINGSIH, RIANA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11503/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/2/BAB_I_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/4/BAB_II_pdf.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/8/BAB_IV_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/11/BAB_V_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/19/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/
ctrlnum 11503
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11503/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA&#xD; MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>MULIANINGSIH, RIANA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi&#xD; Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama&#xD; triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari&#xD; hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan&#xD; melalui dua siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka mengalami peningkatan sebesar 80% dari 32 siswa.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 11 (34,37%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati&#xD; yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 16 (50%) siswa, siklus II meningkat menjadi 27 (84,37) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan&#xD; yang menyatakan &#x201C;Diduga dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi dapat meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/2/BAB_I_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/4/BAB_II_pdf.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/8/BAB_IV_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/11/BAB_V_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11503/19/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MULIANINGSIH, RIANA (2011) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220070026</relation><recordID>11503</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MULIANINGSIH, RIANA
title PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/11503/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/2/BAB_I_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/4/BAB_II_pdf.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/8/BAB_IV_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/11/BAB_V_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/19/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11503/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka mengalami peningkatan sebesar 80% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 11 (34,37%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 16 (50%) siswa, siklus II meningkat menjadi 27 (84,37) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi dapat meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3.
id IOS2728.11503
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810559535546368
score 17.538404