ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA

Main Author: SUSANTO, SUSANTO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11229/1/1._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/3/2._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/5/3._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/8/4._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/11/5._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/14/6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/17/7._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/
ctrlnum 11229
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11229/</relation><title>ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA </title><creator>SUSANTO, SUSANTO</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Dalam penelitian yang berjudul &#x201C;Analisis Pengaruh Usia, Pendidikan, &#xD; Pendapatan Dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian &#xD; Sepeda Yamaha Pada Mataram Sakti Motor Salatiga&#x201D; bertujuan untuk &#xD; menganalisis pengaruh faktor intern perilaku konsumen yang terdiri dari usia, &#xD; pendidikan dan pendapatan dan faktor ekstern yaitu kelas sosial terhadap &#xD; keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan untuk menganalisis faktor &#xD; manakah yang paling dominan berpengaruh antara variabel usia, pendidikan, &#xD; pendapatan dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. &#xD; Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket, sampel dipilih &#xD; 100 responden dari populasi konsumen sepeda motor Yamaha di Salatiga. Alat &#xD; analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien &#xD; determinasi. &#xD; Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pendapatan dan &#xD; kelas sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. &#xD; Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji t yang menunjukkan bahwa dari keempat &#xD; variabel (usia, pendidikan, pendapatan, dan kelas sosial) variabel yang &#xD; mempunyai pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian adalah pendidikan &#xD; dengan probabilitas sebesar (0,020), pendapatan (0,001) dan kelas sosial (0,033) &#xD; hal ini dikarenakan oleh ketiga faktor tersebut mempunyai nilai probabilitas &#xD; dibawah 0,05. Adapun faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian &#xD; adalah pendapatan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai t hitung sebesar 3,639 &#xD; lebih besar dari nilai t hitung variabel lain yaitu Usia sebesar (0,386), pendidikan &#xD; sebesar (2,404) dan kelas sosial sebesar (2,201). Jadi hipotesis kedua yang &#xD; menyatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen terhadap &#xD; keputusan pembelian adalah pendapatan terbukti. &#xD; Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara bersama-sama &#xD; keempat variabel yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial berpengaruh &#xD; secara signifikan terhadap keputusan pembelian, jadi dapat disimpulkan bahwa &#xD; hipotesis pertama terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F. Dimana hasil uji F &#xD; menunjukkan bahwa besarnya probabilitas sebesar 0,000 dibawah level of &#xD; significance 0,05. Sedangkan besarnya koefisien determinasi sebesar 50,5%, yang &#xD; menunjukkan bahwa masih ada variabel yang mempengaruhi keputusan &#xD; pembelian selain variabel keempat variabel tersebut diatas yaitu usia, pendidikan, &#xD; pendapatan dan kelas sosial. &#xD; </description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/1/1._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/3/2._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/5/3._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/8/4._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/11/5._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/14/6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/17/7._Lampiran.pdf</identifier><identifier> SUSANTO, SUSANTO (2007) ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>B100990417 </relation><recordID>11229</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SUSANTO, SUSANTO
title ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA
publishDate 2007
topic HB Economic Theory
url http://eprints.ums.ac.id/11229/1/1._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/3/2._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/5/3._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/8/4._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/11/5._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/14/6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/17/7._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11229/
contents Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Usia, Pendidikan, Pendapatan Dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Yamaha Pada Mataram Sakti Motor Salatiga” bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor intern perilaku konsumen yang terdiri dari usia, pendidikan dan pendapatan dan faktor ekstern yaitu kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan untuk menganalisis faktor manakah yang paling dominan berpengaruh antara variabel usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket, sampel dipilih 100 responden dari populasi konsumen sepeda motor Yamaha di Salatiga. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pendapatan dan kelas sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji t yang menunjukkan bahwa dari keempat variabel (usia, pendidikan, pendapatan, dan kelas sosial) variabel yang mempunyai pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian adalah pendidikan dengan probabilitas sebesar (0,020), pendapatan (0,001) dan kelas sosial (0,033) hal ini dikarenakan oleh ketiga faktor tersebut mempunyai nilai probabilitas dibawah 0,05. Adapun faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah pendapatan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai t hitung sebesar 3,639 lebih besar dari nilai t hitung variabel lain yaitu Usia sebesar (0,386), pendidikan sebesar (2,404) dan kelas sosial sebesar (2,201). Jadi hipotesis kedua yang menyatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian adalah pendapatan terbukti. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara bersama-sama keempat variabel yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F. Dimana hasil uji F menunjukkan bahwa besarnya probabilitas sebesar 0,000 dibawah level of significance 0,05. Sedangkan besarnya koefisien determinasi sebesar 50,5%, yang menunjukkan bahwa masih ada variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian selain variabel keempat variabel tersebut diatas yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial.
id IOS2728.11229
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:06Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:07Z
recordtype dc
_version_ 1765810557744578560
score 17.538404