ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA
Main Author: | SUSANTO, SUSANTO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/11229/1/1._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/3/2._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/5/3._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/8/4._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/11/5._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/14/6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/17/7._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/ |
ctrlnum |
11229 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11229/</relation><title>ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA </title><creator>SUSANTO, SUSANTO</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Usia, Pendidikan, 
Pendapatan Dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian 
Sepeda Yamaha Pada Mataram Sakti Motor Salatiga” bertujuan untuk 
menganalisis pengaruh faktor intern perilaku konsumen yang terdiri dari usia, 
pendidikan dan pendapatan dan faktor ekstern yaitu kelas sosial terhadap 
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan untuk menganalisis faktor 
manakah yang paling dominan berpengaruh antara variabel usia, pendidikan, 
pendapatan dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. 
Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket, sampel dipilih 
100 responden dari populasi konsumen sepeda motor Yamaha di Salatiga. Alat 
analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien 
determinasi. 
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pendapatan dan 
kelas sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. 
Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji t yang menunjukkan bahwa dari keempat 
variabel (usia, pendidikan, pendapatan, dan kelas sosial) variabel yang 
mempunyai pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian adalah pendidikan 
dengan probabilitas sebesar (0,020), pendapatan (0,001) dan kelas sosial (0,033) 
hal ini dikarenakan oleh ketiga faktor tersebut mempunyai nilai probabilitas 
dibawah 0,05. Adapun faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian 
adalah pendapatan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai t hitung sebesar 3,639 
lebih besar dari nilai t hitung variabel lain yaitu Usia sebesar (0,386), pendidikan 
sebesar (2,404) dan kelas sosial sebesar (2,201). Jadi hipotesis kedua yang 
menyatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen terhadap 
keputusan pembelian adalah pendapatan terbukti. 
Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara bersama-sama 
keempat variabel yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial berpengaruh 
secara signifikan terhadap keputusan pembelian, jadi dapat disimpulkan bahwa 
hipotesis pertama terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F. Dimana hasil uji F 
menunjukkan bahwa besarnya probabilitas sebesar 0,000 dibawah level of 
significance 0,05. Sedangkan besarnya koefisien determinasi sebesar 50,5%, yang 
menunjukkan bahwa masih ada variabel yang mempengaruhi keputusan 
pembelian selain variabel keempat variabel tersebut diatas yaitu usia, pendidikan, 
pendapatan dan kelas sosial. 
</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/1/1._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/3/2._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/5/3._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/8/4._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/11/5._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/14/6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11229/17/7._Lampiran.pdf</identifier><identifier> SUSANTO, SUSANTO (2007) ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>B100990417 </relation><recordID>11229</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SUSANTO, SUSANTO |
title |
ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA |
publishDate |
2007 |
topic |
HB Economic Theory |
url |
http://eprints.ums.ac.id/11229/1/1._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/3/2._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/5/3._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/8/4._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/11/5._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/14/6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/17/7._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/11229/ |
contents |
Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Usia, Pendidikan,
Pendapatan Dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian
Sepeda Yamaha Pada Mataram Sakti Motor Salatiga” bertujuan untuk
menganalisis pengaruh faktor intern perilaku konsumen yang terdiri dari usia,
pendidikan dan pendapatan dan faktor ekstern yaitu kelas sosial terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan untuk menganalisis faktor
manakah yang paling dominan berpengaruh antara variabel usia, pendidikan,
pendapatan dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket, sampel dipilih
100 responden dari populasi konsumen sepeda motor Yamaha di Salatiga. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien
determinasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pendapatan dan
kelas sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji t yang menunjukkan bahwa dari keempat
variabel (usia, pendidikan, pendapatan, dan kelas sosial) variabel yang
mempunyai pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian adalah pendidikan
dengan probabilitas sebesar (0,020), pendapatan (0,001) dan kelas sosial (0,033)
hal ini dikarenakan oleh ketiga faktor tersebut mempunyai nilai probabilitas
dibawah 0,05. Adapun faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian
adalah pendapatan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai t hitung sebesar 3,639
lebih besar dari nilai t hitung variabel lain yaitu Usia sebesar (0,386), pendidikan
sebesar (2,404) dan kelas sosial sebesar (2,201). Jadi hipotesis kedua yang
menyatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen terhadap
keputusan pembelian adalah pendapatan terbukti.
Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara bersama-sama
keempat variabel yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian, jadi dapat disimpulkan bahwa
hipotesis pertama terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F. Dimana hasil uji F
menunjukkan bahwa besarnya probabilitas sebesar 0,000 dibawah level of
significance 0,05. Sedangkan besarnya koefisien determinasi sebesar 50,5%, yang
menunjukkan bahwa masih ada variabel yang mempengaruhi keputusan
pembelian selain variabel keempat variabel tersebut diatas yaitu usia, pendidikan,
pendapatan dan kelas sosial.
|
id |
IOS2728.11229 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:37:06Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:37:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810557744578560 |
score |
17.538404 |