ANALISA PENGARUH BIAYA DIFFERENSIASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN CV. FATEH FURNITURE DI SURAKARTA
Main Author: | NINGSIH, LILYA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/11225/1/Cover.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/2/Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/4/Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/5/Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/6/Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/8/Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/10/DafPus.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/ |
ctrlnum |
11225 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11225/</relation><title>ANALISA PENGARUH BIAYA DIFFERENSIASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN CV. FATEH FURNITURE DI SURAKARTA </title><creator>NINGSIH, LILYA </creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Kelangsungan hidup suatu perusahaan sangat tergantung pada laba atau keuntungan 
yang dihasilkan. Tanpa mengesampingkan tujuan lain dari berdirinya suatu 
perusahaan, pencapaian laba yang tinggi dengan meminimumkan biaya-biaya 
pengeluaran adalah tujuan pokok suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui bagaimana pengaruh biaya diferensiasi produk yang terdiri dari biaya 
pengawasan kualitas, biaya jaminan kualitas, biaya packing, dan biaya pewarnaan 
terhadap volume penjualan. Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah diduga 
ada pengaruh yang signifikan antara biaya diferensiasi produk terhadap penjualan, 
dan diduga biaya jaminan kualitas adalah faktor yang paling berpengaruh. 
Berdasarkan hasil perhitungan olah data dengan bantuan SPSS Versi 11.0 diperoleh 
perhitungan sebagai berikut: 
Y = 0,000000021 + 2,693 X1 + 0,06505 X2 + 0,554 X3 + 2,412 X4 
a = 0,000000021 adalah konstanta yang artinya, apabila biaya pengawasan kualitas 
(X1), Biaya jaminan kualitas (X2), biaya pewarnaan (X3) dan biaya packing (X4) 
konstan maka besarnya volume penjualan sebesar Rp. 0,000000021. b1 = 2,693 
koefisien variabel X1 yang artinya, setiap ada kenaikan biaya pengawasan kualitas 
sebesar Rp. 1,- maka volume penjualan perusahaan naik berpengaruh positif sebesar 
Rp. 2,693 dengan asumsi biaya yang lain dianggap tetap b2 = 0,06505 koefisien 
variabel X2 yang artinya, setiap ada kenaikan biaya pengawasan kualitas sebesar Rp. 
1,- maka volume penjualan perusahaan naik berpengaruh positif sebesar Rp. 
0,06505,- dengan asumsi bahwa biaya yang lain dianggap tetap b3 = 0,554,- koefisien 
variabel X3 yang artinya, setiap ad kenaikan biaya pewarnaan sebesar Rp. 1,- maka 
volume penjualan akan naik/berpengaruh positif sebesar Rp. 0,554,- satuan dengan 
asumsi yang lain dianggap tetap. B4 = 2,412 koefisien variabel X3 yang artinya, 
setiap ada kenaikan biaya packing sebesar Rp. 1,- maka volume penjualan akan 
naik/berpengaruh positif sebesar Rp. 2,412,- satuan dengan asumsi yang lain 
dianggap tetap. 
Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Biaya pengawasan kualitas dan biaya 
packing di dapat nilai t hitung untuk variabel X1 sebesar 3,678. Sedangkan hasil nilai 
t tabel adalah t tabel = (�/2, n-1) sebesar 2,042, untuk variabel biaya Packing di dapat 
nilai t hitung untuk variabel X4 sebesar 3,280. Sedangkan hasil nilai t tabel adalah 
ttabel = (�/2, n-1) sebesar 2,042, jadi dapat dikatakan bahwa variabel X1 dan X4 
mempunyai hubungan yang signifikan dengan volume penjualan. Sedangkan variabel 
biaya jaminan kualitas dan biaya pewarnaan tidak. Hasil uji diperoleh nilai F hitung 
(12,939) > dari F tabel (2,76). Dengan demikian terbukti bahwa ada pengaruh yang 
signifikan dari Biaya pengawasan kualitas, jaminan kualitas, biaya pewarnaan, dan 
biaya packing secara serentak terhadap volume penjualan. Sedangkan uji koefisien Determinasi diperoleh nilai sebesar bahwa 62,5% variasi variabel volume penjualan 
dapat dijelaskan oleh variabel biaya pengawasan kualitas (X1), jaminan kualitas (X2), 
biaya pewarnaan (X3), dan tidak masuk dalam model. </description><date>2005</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11225/1/Cover.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11225/2/Bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11225/4/Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11225/5/Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11225/6/Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11225/8/Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11225/10/DafPus.pdf</identifier><identifier> NINGSIH, LILYA (2005) ANALISA PENGARUH BIAYA DIFFERENSIASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN CV. FATEH FURNITURE DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>B100980382</relation><recordID>11225</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
NINGSIH, LILYA |
title |
ANALISA PENGARUH BIAYA DIFFERENSIASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN CV. FATEH FURNITURE DI SURAKARTA |
publishDate |
2005 |
topic |
HB Economic Theory |
url |
http://eprints.ums.ac.id/11225/1/Cover.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/2/Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/4/Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/5/Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/6/Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/8/Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/10/DafPus.pdf http://eprints.ums.ac.id/11225/ |
contents |
Kelangsungan hidup suatu perusahaan sangat tergantung pada laba atau keuntungan
yang dihasilkan. Tanpa mengesampingkan tujuan lain dari berdirinya suatu
perusahaan, pencapaian laba yang tinggi dengan meminimumkan biaya-biaya
pengeluaran adalah tujuan pokok suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh biaya diferensiasi produk yang terdiri dari biaya
pengawasan kualitas, biaya jaminan kualitas, biaya packing, dan biaya pewarnaan
terhadap volume penjualan. Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah diduga
ada pengaruh yang signifikan antara biaya diferensiasi produk terhadap penjualan,
dan diduga biaya jaminan kualitas adalah faktor yang paling berpengaruh.
Berdasarkan hasil perhitungan olah data dengan bantuan SPSS Versi 11.0 diperoleh
perhitungan sebagai berikut:
Y = 0,000000021 + 2,693 X1 + 0,06505 X2 + 0,554 X3 + 2,412 X4
a = 0,000000021 adalah konstanta yang artinya, apabila biaya pengawasan kualitas
(X1), Biaya jaminan kualitas (X2), biaya pewarnaan (X3) dan biaya packing (X4)
konstan maka besarnya volume penjualan sebesar Rp. 0,000000021. b1 = 2,693
koefisien variabel X1 yang artinya, setiap ada kenaikan biaya pengawasan kualitas
sebesar Rp. 1,- maka volume penjualan perusahaan naik berpengaruh positif sebesar
Rp. 2,693 dengan asumsi biaya yang lain dianggap tetap b2 = 0,06505 koefisien
variabel X2 yang artinya, setiap ada kenaikan biaya pengawasan kualitas sebesar Rp.
1,- maka volume penjualan perusahaan naik berpengaruh positif sebesar Rp.
0,06505,- dengan asumsi bahwa biaya yang lain dianggap tetap b3 = 0,554,- koefisien
variabel X3 yang artinya, setiap ad kenaikan biaya pewarnaan sebesar Rp. 1,- maka
volume penjualan akan naik/berpengaruh positif sebesar Rp. 0,554,- satuan dengan
asumsi yang lain dianggap tetap. B4 = 2,412 koefisien variabel X3 yang artinya,
setiap ada kenaikan biaya packing sebesar Rp. 1,- maka volume penjualan akan
naik/berpengaruh positif sebesar Rp. 2,412,- satuan dengan asumsi yang lain
dianggap tetap.
Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Biaya pengawasan kualitas dan biaya
packing di dapat nilai t hitung untuk variabel X1 sebesar 3,678. Sedangkan hasil nilai
t tabel adalah t tabel = (�/2, n-1) sebesar 2,042, untuk variabel biaya Packing di dapat
nilai t hitung untuk variabel X4 sebesar 3,280. Sedangkan hasil nilai t tabel adalah
ttabel = (�/2, n-1) sebesar 2,042, jadi dapat dikatakan bahwa variabel X1 dan X4
mempunyai hubungan yang signifikan dengan volume penjualan. Sedangkan variabel
biaya jaminan kualitas dan biaya pewarnaan tidak. Hasil uji diperoleh nilai F hitung
(12,939) > dari F tabel (2,76). Dengan demikian terbukti bahwa ada pengaruh yang
signifikan dari Biaya pengawasan kualitas, jaminan kualitas, biaya pewarnaan, dan
biaya packing secara serentak terhadap volume penjualan. Sedangkan uji koefisien Determinasi diperoleh nilai sebesar bahwa 62,5% variasi variabel volume penjualan
dapat dijelaskan oleh variabel biaya pengawasan kualitas (X1), jaminan kualitas (X2),
biaya pewarnaan (X3), dan tidak masuk dalam model. |
id |
IOS2728.11225 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:37:06Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:37:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810557724655616 |
score |
17.538404 |