ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Main Author: | KURNIASIH, DIDIK |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/11219/1/Hal_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/2/Bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/3/Bab_2_dan_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/4/Bab_4_dan_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/5/Dapus.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/6/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/ |
ctrlnum |
11219 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11219/</relation><title>ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA 
(Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)</title><creator> KURNIASIH, DIDIK</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1)
Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen
denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2)
Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang
digunakanterhadapkepuasandalammenggunakanproduktersebut.(3)Apakah
konsumenpadaberbagaitingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyang
digunakandanberbagaitingkatankesukaanmerekakanmemilikitingkat
kepuasanyangberbeda.Sedangkanhipotesisdaripenelitianiniadalah(1)Ada
pengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumendengan
merekyangdigunakan (self-imagecongruency) terhadapkepuasan (satisfaction)
dalammenggunakanproduktersebut.(2)Adapengaruhpositifdansignifikan
antarakesukaan akan merek (brandpreference) yangdigunakan terhadap
kepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(3)Konsumenpada
berbagaitingkatkesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakandanberbagai
tingkat kesukaan pada merek akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda.
Penelitianinimengambilsampelsebanyak125orangresponden
mengetahuimerek,membeli,danmenggunakansepedamotormerekHondayang
merupakanmahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta.Teknik
pengambilansampeldalampenelitianiniadalahsecara nonprobabilitysampling
dengan purposivesampling. Dimanapenelitimengambiljudgementsampling
dimanapenelitimemilihsampelberdasarkanpenilaianterhadapbeberapa
karakteristikanggotasampelyangdisesuaikandenganmaksudpenelitian.Dalam
penelitianini,penelitimemilihanggota-anggotasampeldaripopulasiyangtidak
diketahuijumlahnyadanmemenuhikriteriatertentu,dengancarabertanyasecara
lisankepadarespondenapakahmerekamengetahuimerek,membeli,dan
menggunakansepedamotormerekHondasertamerupakanmahasiswa
Universitas Muhammadiyah Surakarta. 
Ujicobainstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahuji
validitas menggunakananalisisfaktordanujireliabilitasmenggunakan Cronbach
Alpha. Dalanpengolahandatadugunakanalatanalisisyangberuparegresilinier
sederhana, uji t, dan analisis manova. Kesimpulanyangdapatditarikdalampenelitianiniadalah:(1) Adanya
pengaruhpositifdansignifikandarikesesuaiancitradiriterhadapkepuasan
menggunakanproduktersebut.Berdasarkanhasilujiregresiuntukmenguji
hipotesis1terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,469,nilaithitung
5,601dengansignifikansi0,000.(2)Adanyapengaruhpositifdansignifikandari
kesukaanmerekterhadapkepuasankonsumen.Berdasarkanhasilujiregresiuntuk
mengujihipotesis2terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,441,nilait
hitung5,982dengansignifikansi0,000.Haltersebutmenunjukkanbahwa
variabelindependenkesesuaiancitradirimempunyaipengaruhpositifdan
signifikanterhadapvariabeldependenkepuasan(3)Konsumenpadaberbagai
tingkatankesesuaiancitradiridankesukaanmerekdenganmerekyangdigunakan
akanmemilikikepuasanyangberbeda.BerdasarkanhasilpengujianMANOVA
denganprosedur Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’s
LargestRoot.Kesemuanyamenunjukkanangkasignifikansidibawah0,05.
Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’sLargestRoot dengan
signifikansi0,000lebihkecildaripada0,05makadapatdiartikanadaperbedaan
yangsignifikanantarakesesuaiancitradiridankesukaanakanmerekterhadap
kepuasan.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwakonsumenpadaberbagai
tingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakanakanmemiliki
tingkat kesukaan akan merek dan kepuasan yang berbeda
Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianinipenulismencobauntuk
memberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagiperusahaanuntuk
memanfaatkandanmenggunakanstrategi-strategipositioningprodukdenganbaik
supayadapattetapmempertahankancitramereknya.Perusahaanjugaperlutetap
mempertahankankualitassepedamotormerekHonda.Karena dengan
mempertahankankualitasdanmeningkatkanmutuyangbaik,makakonsumen
akanmerasapuasdantetaployalterhadapsepedamotormerekHonda,sehingga
mereka tidak akan berniat untuk berpindah merek.</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/1/Hal_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/2/Bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/3/Bab_2_dan_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/4/Bab_4_dan_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/5/Dapus.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/6/Lampiran.pdf</identifier><identifier> KURNIASIH, DIDIK (2007) ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>B100970142</relation><recordID>11219</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
KURNIASIH, DIDIK |
title |
ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA
(Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta) |
publishDate |
2007 |
topic |
HB Economic Theory |
url |
http://eprints.ums.ac.id/11219/1/Hal_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/2/Bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/3/Bab_2_dan_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/4/Bab_4_dan_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/5/Dapus.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/6/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/11219/ |
contents |
Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1)
Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen
denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2)
Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang
digunakanterhadapkepuasandalammenggunakanproduktersebut.(3)Apakah
konsumenpadaberbagaitingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyang
digunakandanberbagaitingkatankesukaanmerekakanmemilikitingkat
kepuasanyangberbeda.Sedangkanhipotesisdaripenelitianiniadalah(1)Ada
pengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumendengan
merekyangdigunakan (self-imagecongruency) terhadapkepuasan (satisfaction)
dalammenggunakanproduktersebut.(2)Adapengaruhpositifdansignifikan
antarakesukaan akan merek (brandpreference) yangdigunakan terhadap
kepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(3)Konsumenpada
berbagaitingkatkesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakandanberbagai
tingkat kesukaan pada merek akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda.
Penelitianinimengambilsampelsebanyak125orangresponden
mengetahuimerek,membeli,danmenggunakansepedamotormerekHondayang
merupakanmahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta.Teknik
pengambilansampeldalampenelitianiniadalahsecara nonprobabilitysampling
dengan purposivesampling. Dimanapenelitimengambiljudgementsampling
dimanapenelitimemilihsampelberdasarkanpenilaianterhadapbeberapa
karakteristikanggotasampelyangdisesuaikandenganmaksudpenelitian.Dalam
penelitianini,penelitimemilihanggota-anggotasampeldaripopulasiyangtidak
diketahuijumlahnyadanmemenuhikriteriatertentu,dengancarabertanyasecara
lisankepadarespondenapakahmerekamengetahuimerek,membeli,dan
menggunakansepedamotormerekHondasertamerupakanmahasiswa
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ujicobainstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahuji
validitas menggunakananalisisfaktordanujireliabilitasmenggunakan Cronbach
Alpha. Dalanpengolahandatadugunakanalatanalisisyangberuparegresilinier
sederhana, uji t, dan analisis manova. Kesimpulanyangdapatditarikdalampenelitianiniadalah:(1) Adanya
pengaruhpositifdansignifikandarikesesuaiancitradiriterhadapkepuasan
menggunakanproduktersebut.Berdasarkanhasilujiregresiuntukmenguji
hipotesis1terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,469,nilaithitung
5,601dengansignifikansi0,000.(2)Adanyapengaruhpositifdansignifikandari
kesukaanmerekterhadapkepuasankonsumen.Berdasarkanhasilujiregresiuntuk
mengujihipotesis2terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,441,nilait
hitung5,982dengansignifikansi0,000.Haltersebutmenunjukkanbahwa
variabelindependenkesesuaiancitradirimempunyaipengaruhpositifdan
signifikanterhadapvariabeldependenkepuasan(3)Konsumenpadaberbagai
tingkatankesesuaiancitradiridankesukaanmerekdenganmerekyangdigunakan
akanmemilikikepuasanyangberbeda.BerdasarkanhasilpengujianMANOVA
denganprosedur Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’s
LargestRoot.Kesemuanyamenunjukkanangkasignifikansidibawah0,05.
Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’sLargestRoot dengan
signifikansi0,000lebihkecildaripada0,05makadapatdiartikanadaperbedaan
yangsignifikanantarakesesuaiancitradiridankesukaanakanmerekterhadap
kepuasan.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwakonsumenpadaberbagai
tingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakanakanmemiliki
tingkat kesukaan akan merek dan kepuasan yang berbeda
Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianinipenulismencobauntuk
memberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagiperusahaanuntuk
memanfaatkandanmenggunakanstrategi-strategipositioningprodukdenganbaik
supayadapattetapmempertahankancitramereknya.Perusahaanjugaperlutetap
mempertahankankualitassepedamotormerekHonda.Karena dengan
mempertahankankualitasdanmeningkatkanmutuyangbaik,makakonsumen
akanmerasapuasdantetaployalterhadapsepedamotormerekHonda,sehingga
mereka tidak akan berniat untuk berpindah merek. |
id |
IOS2728.11219 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:37:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:37:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810557706829824 |
score |
17.538404 |