ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Main Author: KURNIASIH, DIDIK
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/11219/1/Hal_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/2/Bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/3/Bab_2_dan_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/4/Bab_4_dan_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/5/Dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/6/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/
ctrlnum 11219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/11219/</relation><title>ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA &#xD; (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)</title><creator> KURNIASIH, DIDIK</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1)&#xD; Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen&#xD; denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2)&#xD; Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang&#xD; digunakanterhadapkepuasandalammenggunakanproduktersebut.(3)Apakah&#xD; konsumenpadaberbagaitingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyang&#xD; digunakandanberbagaitingkatankesukaanmerekakanmemilikitingkat&#xD; kepuasanyangberbeda.Sedangkanhipotesisdaripenelitianiniadalah(1)Ada&#xD; pengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumendengan&#xD; merekyangdigunakan (self-imagecongruency) terhadapkepuasan (satisfaction)&#xD; dalammenggunakanproduktersebut.(2)Adapengaruhpositifdansignifikan&#xD; antarakesukaan akan merek (brandpreference) yangdigunakan terhadap&#xD; kepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(3)Konsumenpada&#xD; berbagaitingkatkesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakandanberbagai&#xD; tingkat kesukaan pada merek akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda.&#xD; Penelitianinimengambilsampelsebanyak125orangresponden&#xD; mengetahuimerek,membeli,danmenggunakansepedamotormerekHondayang&#xD; merupakanmahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta.Teknik&#xD; pengambilansampeldalampenelitianiniadalahsecara nonprobabilitysampling&#xD; dengan purposivesampling. Dimanapenelitimengambiljudgementsampling&#xD; dimanapenelitimemilihsampelberdasarkanpenilaianterhadapbeberapa&#xD; karakteristikanggotasampelyangdisesuaikandenganmaksudpenelitian.Dalam&#xD; penelitianini,penelitimemilihanggota-anggotasampeldaripopulasiyangtidak&#xD; diketahuijumlahnyadanmemenuhikriteriatertentu,dengancarabertanyasecara&#xD; lisankepadarespondenapakahmerekamengetahuimerek,membeli,dan&#xD; menggunakansepedamotormerekHondasertamerupakanmahasiswa&#xD; Universitas Muhammadiyah Surakarta. &#xD; Ujicobainstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahuji&#xD; validitas menggunakananalisisfaktordanujireliabilitasmenggunakan Cronbach&#xD; Alpha. Dalanpengolahandatadugunakanalatanalisisyangberuparegresilinier&#xD; sederhana, uji t, dan analisis manova. Kesimpulanyangdapatditarikdalampenelitianiniadalah:(1) Adanya&#xD; pengaruhpositifdansignifikandarikesesuaiancitradiriterhadapkepuasan&#xD; menggunakanproduktersebut.Berdasarkanhasilujiregresiuntukmenguji&#xD; hipotesis1terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,469,nilaithitung&#xD; 5,601dengansignifikansi0,000.(2)Adanyapengaruhpositifdansignifikandari&#xD; kesukaanmerekterhadapkepuasankonsumen.Berdasarkanhasilujiregresiuntuk&#xD; mengujihipotesis2terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,441,nilait&#xD; hitung5,982dengansignifikansi0,000.Haltersebutmenunjukkanbahwa&#xD; variabelindependenkesesuaiancitradirimempunyaipengaruhpositifdan&#xD; signifikanterhadapvariabeldependenkepuasan(3)Konsumenpadaberbagai&#xD; tingkatankesesuaiancitradiridankesukaanmerekdenganmerekyangdigunakan&#xD; akanmemilikikepuasanyangberbeda.BerdasarkanhasilpengujianMANOVA&#xD; denganprosedur Pillai&#x2019;sTrace,Wilks&#x2019;Lamda,Hotelling&#x2019;sTrace dan Roy&#x2019;s&#xD; LargestRoot.Kesemuanyamenunjukkanangkasignifikansidibawah0,05.&#xD; Pillai&#x2019;sTrace,Wilks&#x2019;Lamda,Hotelling&#x2019;sTrace dan Roy&#x2019;sLargestRoot dengan&#xD; signifikansi0,000lebihkecildaripada0,05makadapatdiartikanadaperbedaan&#xD; yangsignifikanantarakesesuaiancitradiridankesukaanakanmerekterhadap&#xD; kepuasan.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwakonsumenpadaberbagai&#xD; tingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakanakanmemiliki&#xD; tingkat kesukaan akan merek dan kepuasan yang berbeda&#xD; Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianinipenulismencobauntuk&#xD; memberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagiperusahaanuntuk&#xD; memanfaatkandanmenggunakanstrategi-strategipositioningprodukdenganbaik&#xD; supayadapattetapmempertahankancitramereknya.Perusahaanjugaperlutetap&#xD; mempertahankankualitassepedamotormerekHonda.Karena dengan&#xD; mempertahankankualitasdanmeningkatkanmutuyangbaik,makakonsumen&#xD; akanmerasapuasdantetaployalterhadapsepedamotormerekHonda,sehingga&#xD; mereka tidak akan berniat untuk berpindah merek.</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/1/Hal_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/2/Bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/3/Bab_2_dan_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/4/Bab_4_dan_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/5/Dapus.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/11219/6/Lampiran.pdf</identifier><identifier> KURNIASIH, DIDIK (2007) ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>B100970142</relation><recordID>11219</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KURNIASIH, DIDIK
title ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
publishDate 2007
topic HB Economic Theory
url http://eprints.ums.ac.id/11219/1/Hal_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/2/Bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/3/Bab_2_dan_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/4/Bab_4_dan_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/5/Dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/6/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/11219/
contents Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang digunakanterhadapkepuasandalammenggunakanproduktersebut.(3)Apakah konsumenpadaberbagaitingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyang digunakandanberbagaitingkatankesukaanmerekakanmemilikitingkat kepuasanyangberbeda.Sedangkanhipotesisdaripenelitianiniadalah(1)Ada pengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumendengan merekyangdigunakan (self-imagecongruency) terhadapkepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(2)Adapengaruhpositifdansignifikan antarakesukaan akan merek (brandpreference) yangdigunakan terhadap kepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(3)Konsumenpada berbagaitingkatkesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakandanberbagai tingkat kesukaan pada merek akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda. Penelitianinimengambilsampelsebanyak125orangresponden mengetahuimerek,membeli,danmenggunakansepedamotormerekHondayang merupakanmahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta.Teknik pengambilansampeldalampenelitianiniadalahsecara nonprobabilitysampling dengan purposivesampling. Dimanapenelitimengambiljudgementsampling dimanapenelitimemilihsampelberdasarkanpenilaianterhadapbeberapa karakteristikanggotasampelyangdisesuaikandenganmaksudpenelitian.Dalam penelitianini,penelitimemilihanggota-anggotasampeldaripopulasiyangtidak diketahuijumlahnyadanmemenuhikriteriatertentu,dengancarabertanyasecara lisankepadarespondenapakahmerekamengetahuimerek,membeli,dan menggunakansepedamotormerekHondasertamerupakanmahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ujicobainstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahuji validitas menggunakananalisisfaktordanujireliabilitasmenggunakan Cronbach Alpha. Dalanpengolahandatadugunakanalatanalisisyangberuparegresilinier sederhana, uji t, dan analisis manova. Kesimpulanyangdapatditarikdalampenelitianiniadalah:(1) Adanya pengaruhpositifdansignifikandarikesesuaiancitradiriterhadapkepuasan menggunakanproduktersebut.Berdasarkanhasilujiregresiuntukmenguji hipotesis1terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,469,nilaithitung 5,601dengansignifikansi0,000.(2)Adanyapengaruhpositifdansignifikandari kesukaanmerekterhadapkepuasankonsumen.Berdasarkanhasilujiregresiuntuk mengujihipotesis2terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,441,nilait hitung5,982dengansignifikansi0,000.Haltersebutmenunjukkanbahwa variabelindependenkesesuaiancitradirimempunyaipengaruhpositifdan signifikanterhadapvariabeldependenkepuasan(3)Konsumenpadaberbagai tingkatankesesuaiancitradiridankesukaanmerekdenganmerekyangdigunakan akanmemilikikepuasanyangberbeda.BerdasarkanhasilpengujianMANOVA denganprosedur Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’s LargestRoot.Kesemuanyamenunjukkanangkasignifikansidibawah0,05. Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’sLargestRoot dengan signifikansi0,000lebihkecildaripada0,05makadapatdiartikanadaperbedaan yangsignifikanantarakesesuaiancitradiridankesukaanakanmerekterhadap kepuasan.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwakonsumenpadaberbagai tingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakanakanmemiliki tingkat kesukaan akan merek dan kepuasan yang berbeda Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianinipenulismencobauntuk memberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagiperusahaanuntuk memanfaatkandanmenggunakanstrategi-strategipositioningprodukdenganbaik supayadapattetapmempertahankancitramereknya.Perusahaanjugaperlutetap mempertahankankualitassepedamotormerekHonda.Karena dengan mempertahankankualitasdanmeningkatkanmutuyangbaik,makakonsumen akanmerasapuasdantetaployalterhadapsepedamotormerekHonda,sehingga mereka tidak akan berniat untuk berpindah merek.
id IOS2728.11219
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:37:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:37:07Z
recordtype dc
_version_ 1765810557706829824
score 17.538404