PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Main Author: | PARTONO , PARTONO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/10779/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/19/lampiran_try_out.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/ |
ctrlnum |
10779 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/10779/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA </title><creator>PARTONO , PARTONO </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh 
pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2) 
mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi 
belajar matematika; (3) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan 
lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar 
matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak tahun pelajaran 
2006/2007. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri I 
Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan 
sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas VII F yang diambil menggunakan 
teknik random cluster sampling. Pengambilan data pemanfaatan lingkungan 
sekitar dan motivasi belajar siswa menggunakan metode angket, sedangkan data 
prestasi belajar siswa dengan metode tes. Data dianalisis menggunakan regresi 
linier ganda yang didahului dengan menguji persyaratannya. Hasil penelitian ini 
adalah: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas berpengaruh secara signifikan 
terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,370 pada signifikansi 
5%, (2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi 
belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,254, (3) pemanfaatan lingkungan sekitar 
kelas dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap 
prestasi belajar matematika dengan nilai Fhitung sebesar 4,300 lebih besar dari Ftabel 
sebesar 3,320 pada signifikansi 5%, dan koefisien korelasi R12y = 0,434; dan (4) 
sumbangan efektif variabel pemanfaatan lingkungan kelas sebesar 10,03% 
sedangkan variabel motivasi belajar siswa sebesar 8,83%, dengan demikian 
pemanfaatan lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap 
prestasi belajar matematika siswa dibandingkan motivasi belajar siswa.</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10779/19/lampiran_try_out.pdf</identifier><identifier> PARTONO , PARTONO (2007) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A410020091 </relation><recordID>10779</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
PARTONO , PARTONO |
title |
PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA |
publishDate |
2007 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/10779/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/19/lampiran_try_out.pdf http://eprints.ums.ac.id/10779/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa jauh pengaruh
pemanfaatan lingkungan sekitar kelas terhadap prestasi belajar matematika; (2)
mengetahui seberapa jauh pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar matematika; (3) mengetahui seberapa jauh pengaruh pemanfaatan
lingkungan sekitar kelas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri I Ngemplak tahun pelajaran
2006/2007. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri I
Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan
sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas VII F yang diambil menggunakan
teknik random cluster sampling. Pengambilan data pemanfaatan lingkungan
sekitar dan motivasi belajar siswa menggunakan metode angket, sedangkan data
prestasi belajar siswa dengan metode tes. Data dianalisis menggunakan regresi
linier ganda yang didahului dengan menguji persyaratannya. Hasil penelitian ini
adalah: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar kelas berpengaruh secara signifikan
terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,370 pada signifikansi
5%, (2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi
belajar matematika dengan nilai tx1 = 2,254, (3) pemanfaatan lingkungan sekitar
kelas dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar matematika dengan nilai Fhitung sebesar 4,300 lebih besar dari Ftabel
sebesar 3,320 pada signifikansi 5%, dan koefisien korelasi R12y = 0,434; dan (4)
sumbangan efektif variabel pemanfaatan lingkungan kelas sebesar 10,03%
sedangkan variabel motivasi belajar siswa sebesar 8,83%, dengan demikian
pemanfaatan lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap
prestasi belajar matematika siswa dibandingkan motivasi belajar siswa. |
id |
IOS2728.10779 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:36:53Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:36:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810555113701376 |
score |
17.538404 |