MEMINIMALISASI FOBIA MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA (PTK pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Muhammadiyah Tempurrejo materi luas kubus dan balok)

Main Author: DHARI, WINDRI WIDIESTA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/10318/3/A410060155.pdf
http://eprints.ums.ac.id/10318/1/A410060155.pdf
http://eprints.ums.ac.id/10318/
ctrlnum 10318
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/10318/</relation><title>MEMINIMALISASI FOBIA MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE &#x201C;5E&#x201D; DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA (PTK pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Muhammadiyah Tempurrejo materi luas kubus dan balok)</title><creator>DHARI, WINDRI WIDIESTA </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasi fobia matematika pada siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle &#x201C;5E&#x201D; dengan mengoptimalkan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB MTs Muhammadiyah Tempurrejo yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan fobia matematika pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang takut bertanya sebelum tindakan sebanyak 23 siswa (92%), diakhir tindakan menjadi 5 siswa (20%), 2) siswa yang tidak berani mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 22 siswa (88%), diakhir tindakan turun sebanyak 8 siswa (32%), dan 3) siswa yang tidak berani mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebanyak 23 siswa (92%), diakhir tindakan turun menjadi 2 siswa (8%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai &#x2265; 60 sebanyak 15 siswa (60%), sesudah tindakan naik menjadi 25 siswa (100%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle &#x201D;5E&#x201D; dengan mengoptimalkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meminimalisasi fobia matematika pada siswa sehingga berdampak pula terhadap prestasi belajarnya.</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10318/3/A410060155.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/10318/1/A410060155.pdf</identifier><identifier> DHARI, WINDRI WIDIESTA (2010) MEMINIMALISASI FOBIA MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE &#x201C;5E&#x201D; DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA (PTK pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Muhammadiyah Tempurrejo materi luas kubus dan balok). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410060155</relation><recordID>10318</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author DHARI, WINDRI WIDIESTA
title MEMINIMALISASI FOBIA MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA (PTK pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Muhammadiyah Tempurrejo materi luas kubus dan balok)
publishDate 2010
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/10318/3/A410060155.pdf
http://eprints.ums.ac.id/10318/1/A410060155.pdf
http://eprints.ums.ac.id/10318/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasi fobia matematika pada siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle “5E” dengan mengoptimalkan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB MTs Muhammadiyah Tempurrejo yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan fobia matematika pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang takut bertanya sebelum tindakan sebanyak 23 siswa (92%), diakhir tindakan menjadi 5 siswa (20%), 2) siswa yang tidak berani mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 22 siswa (88%), diakhir tindakan turun sebanyak 8 siswa (32%), dan 3) siswa yang tidak berani mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebanyak 23 siswa (92%), diakhir tindakan turun menjadi 2 siswa (8%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 15 siswa (60%), sesudah tindakan naik menjadi 25 siswa (100%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle ”5E” dengan mengoptimalkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meminimalisasi fobia matematika pada siswa sehingga berdampak pula terhadap prestasi belajarnya.
id IOS2728.10318
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:43Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:46Z
recordtype dc
_version_ 1765810552614944768
score 17.538404