PENGARUH KOMUNIKASI, TATA KELOLA DAN KEMAMPUAN KEUANGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DAN KINERJA DOSEN PERGURUAN TINGGI SWASTA SE-KOTA MAKASSAR

Main Authors: S Y A H R I R, H. Murdifin Haming, H. Zainuddin Rahman, Junaidin Zakaria
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: PPs UMI , 2017
Subjects:
Online Access: http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=99230
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSYAHRIR. Pengaruh Komunikasi, Tata Kelola dan Kemampuan Keuangan terhadap Kualitas Layanan dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Se- Kota Makassar. Dibimbing oleh H. Murdifin Haming selaku Promotor serta H. Zainuddin Rahman dan Junaidin Zakaria selaku Ko Promotor.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh komunikasi, tata kelola dan kemampuan keuangan terhadap kualitas layanan perguruan tinggi swasta, untuk menganalisis pengaruh komunikasi, tata kelola dan kemampuan keuangan terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta, untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta, dan untuk menganalisis pengaruh komunikasi, tata kelola dan kemampuan keuangan melalui kualitas layanan terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta.Lokasi penelitian di Kota Makassar, tepatnya pada 9 perguruan tinggi swasta yang terdiri atas 4 universitas, dan 6 sekolah tinggi. Populasi penelitian sebanyak 2.381 orang dosen. Penetapn sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 342 responden. Data hasil kuesioner dianalisis menggunakan Structural Equation Model menggunakan bantuan AMOS 18. Hasil penelitian menemukan bahwa secara langsung komunikasi dan tata kelola berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, secara langsung kemampuan keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kualitas layanan. Secara langsung komunikasi dan kemampuan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen, sementara tata kelola secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja dosen. Secara langsung kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Secara tidak langsung untuk variabel komunikasi melalui kualitas layanan berpengaruh positif dan tidak signifikan, tata kelola melalui kualitas layanan terhadap kinerja berpengaruh positif dan tidak signifikan. Sedangkan kemampuan melalui kualitas layanan berpengaruh terhadap negatif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Kata Kunci:Komunikasi, Tata Kelola, Kemampuan Keuangan, Kualitas Layanan dan Kinerja Dosen.