KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS BAJENG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA
Main Authors: | SYAFRUDDIN, H. Indar, H. Abdul Rahman Mus. |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPs UMI
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=97345 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSYAFRUDDIN , Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Bajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, ( di bimbing oleh): H. Indar dan H. Abdul Rahman Mus.Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kehandalan, ketanggapan, empati, jaminan, dan tampilan fisik terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Bajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa; dan 2) mengetahui dan menganalisis variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Bajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian adalah seluruh pasien di bangsal rawat inap pada Puskesmas Bajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 50 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling atau secara sengaja karena dianggap mampu mewakili populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan regresi linier berganda dengan menggunakan Program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel kehandalan, ketanggapan, empati, dan tampilan fisik dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Bajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, sedangkan kualitas pelayanan jaminan masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Dari keempat variabel bebas yang berpengaruh yang digunakan dalam menentukan tingkat kepuasan pasien rawat inap, ternyata variabel tampilan fisik mampu meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Bajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa dibandingkan variabel kualitas pelayanan lainnya.Kata kunci: Kualitas (Kehandalan,Ketanggapan,Perhatian ,Jaminan,Bukti fisik),Kepuasan.