PENGARUH PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAPDI RUMAH SAKIT LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2017
Main Authors: | NASLAN AGASY, Muh. Basri , Reza Aril Ahri). |
---|---|
Format: | CD-ROM |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPs UMI
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=90680 |
Daftar Isi:
- RINGKASAN Naslan Agasy. Pengaruh Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Anak di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar tahun 2017 (dibimbing oleh Muh. Basri dan Reza Aril Ahri).Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien, dengan menggunakan persepsi pasien tentang pelayanan yang diterima (memuaskan atau mengecewakan, juga termasuk lamanya waktu pelayanan). Data rekam medik Rumah sakit Labuang baji Makassar jumlah pasien yang rawat inap perawatan anak tahun 2013 sebanyak 487 pasien, dan mengalami peningkatan tahun 2014 sebanyak 714 pasien dan di tahun 2015 mengalami penurunan sebanyak 648 pasien.Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui pengaruh pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap anak di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua pasien yang ada di ruangan keperawatan anak di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar dari bulan januari-juli 2016 yang berjumlah 348 orang. Analisis dilakukan dengan uji Chi-square.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh antara aspek perhatian terhadap kepuasan orang tua pasien dengan nilai p value 0.002. Ada pengaruh antara aspek penerimaan terhadap kepuasan orang tua pasien dengan nilai p value 0.000. Ada pengaruh antara aspek komunikasi terhadap kepuasan orang tua pasien dengan nilai p= 0.003. Ada pengaruh antara aspek kerjasama terhadap kepuasan orang tua pasien dengan nilai p= 0.000. Ada pengaruh antara aspek tanggung jawab terhadap kepuasan orang tua pasien dengan nilai p= 0.002 Diharapkan kepada Pihak Rumah Sakit Labuang baji perlu secara rutin mengamati pelayanannya agar dapat mempertahankan kelebihan-kelebihan yang ada dan selalu meningkatkan kualitas pelayanan pada variable-variabel yang masih kurang penilainnya atau menurut penilaian pasien belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien.Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan, Kepuasaan