PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DI SMP NEGERI 1 BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Main Authors: N U R S A N I, H. Mappanganro,Hj.Nurlaela
Format: CD-ROM
Bahasa: ind
Terbitan: PPs UMI , 2016
Subjects:
Online Access: http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=89913
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNama: NursaniNIM: 0034.03.34.2013Judul Tesis: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Keagamaan Siswa di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng RappangKomisi Pembimbing: Prof. DR. H. Mappanganro, MA. DR. Hj. Nurlaelah, M.Hum.Kata Kunci: Pembinaan Sikap Keagamaan SiswaTesis ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Keagamaan Siswa di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Permasalahan utama dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana pembinaan sikap keagamaan siswa di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan sikap keagamaan siswa di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng RappangPenyusunan tesis ini didasarkan pada penelitian kasus atau penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul, penelitian mengolah dan menganilisis data dengan teknik persentase dan disajikan dalam bentuk deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pembinaan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang sangat penting untuk siswa dalam melaksanakan ajaran agama Islam sehingga mereka taat dalam melaksanakan ajaran agama. Pembinaan sikap keagamaan bukan hanya tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam tetapi juga tanggungjawab orang tua mereka. Karena tanpa dukungan dari orang tua dalam membina mereka maka pembinaan yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam tidak akan maksimal. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sikap keagamaan siswa signifikan dengan indikator bahwa siswa dalam sehari-harinya berprilaku yang baik dengan sesama manusia, ini di nilai berhasil karena mereka telah dapat mewujudkannya dalam kehidupan dan pergaulan mereka.Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan para civitas akademik, mahasiswa, terutama para guru khususnya guru Pendidikan Agama dan pada guru umumnya untuk selalu membina karakter siswa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara.