PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FIKIH SISWA MTs AL-MAWADDAH WARRAHMAH KOLAKA
Main Authors: | A S T I N A H, H.M. Arfah Shiddiq |
---|---|
Format: | CD-ROM |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPs UMI
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=89905 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAstinah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fikih Siswa MTs Al-Mawaddah Warahmah kolaka dibimbing oleh: Dr. H.M. Afah Shiddiq, MA. Sebagai ketua dan Dr. H. Abdul Hamid Abbas, M.Pd. sebagai anggotaKata-kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keakteaifan Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar Fikih melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Siswa MTs Al-Mawaddah Warahmah kabupaten Kolaka; (2) meningkatkan hasil belajar Fikih melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Siswa MTs Al-Mawaddah Warahmah kabupaten Kolaka.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al Mawaddah Warahmah Kabupaten Kolaka tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: (1) Tes hasil belajar untuk memperoleh data hasil belajar siswa; (2) Observasi untuk memperoleh data kekatifan belajar siswa dan data pelaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan persentase.Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar fikih siswa MTs Al-Mawaddah Warahmah kabupaten Kolaka yang ditunjukkan dengan tingkat keaktifan siwa mencapai 89,39% lebih besar dari indikator keberhasilan 85% yang telah ditetapkan, (2)) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Fikih siswa MTs Al-Mawaddah Warahmah kabupaten Kolaka yang ditunjukkan dengan hasil belajar siwa mencapai 86,36% lebih besar dari indikator keberhasilan 85% yang telah ditetapkan,Dari hasil penelitian ini disarankan: (1) bagi guru hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fikih, (2) bagi siswa, tingkatkan praktik dan cara-cara keterampilan kooperatif dalam pembelajaran selanjutnya, (3) bagi peneliti di bidang pendidikan, agar melakukan penelitian lebih lanjut tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kompetensi dasar/bidang studi lain, dengan disesuaikan penerapannya.