INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM SISTEM TERPADU PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOLAKA
Main Authors: | Sufiah, H.M. ARIEF HALIM, ANDI BUNYAMIN |
---|---|
Format: | CD-ROM |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPs UMI
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=86114 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNama: SufiahNomor Induk Mahasiswa: 0017. 03. 24. 2009Judul Tesis: Internalisasi Nilai-nilai Islam Melalui Implementasi Kurikulum Sistem Terpadu Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kolaka Komisi pembimbing: Ketua: Dr. H. M. Arief Halim, MA. Anggota: Dr. Andi Bunyamin, M. PdKata-kata kunci: internalisasi, implementasi kurikulum, Madrasah Tsanawiyah.Fokus kajian penelitian ini adalah internalisasi nilai-nilai islam melalui implementasi kurikulum sistem terpadu pada M.TsN Kolaka dengan pokok kajian 1.) Pengembangan kurikulum di M.TsN Kolaka. 2) Implementasi kurikulum pada M.TsN Kolaka. Tujuan penelitian untuk megkaji pengembangan kurikulum dan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang implementasi kurikulum pada M.TsN Kolaka.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah hasil observasi, wawancara. Data sekunder adalah studi pustaka. Pendekatan dan pola tersebut dipilih karena masalah yang dikaji menyangkut masalah fenomena yang sedang berlangsung dalam kehidupan, khususnya di M.TsN Kolaka. Metode ini memusatkan perhatian hanya pada kegiatan penerapan kurikulum di M.TsN Kolaka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai islam dalam implementasi kurikulum terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung oleh guru dalam kelas dengan memadukan materi pelajaran umum dengan materi pelajaran agama dengan jalan memasukkan nilai-nilai agama pada materi pelajaran umum yang mempunyai kaitan dengan materi pelajaran agama.Kesimpulannya bahwa, internalisasi nilai-nilai islam kedalam bidang studi umum dilakukan mulai dari tahap perencanaan sampai pada tahap impelementasi di dalam kelas. Implementasi kurikulum dengan menginternalisasikan nila-nilai islam ke dalam bidang studi umum adalah merupakan bentuk inovasi dan kreativitas guru dalam mengembangkan materi pelajaran, namun belum dapat dilaksanakan secara signifikan disebabkan keterbatasan pengetahuan dan pengalaman para guru dalam mengembangkan materi pelajaran.