PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA GURU PENDIDIKANAGAMA ISLAM DALAM TINDAK PEMBELAJARAN PADAMADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOLAKA
Main Authors: | D A R M A W A T I, Hj. Masrurah Mokhtar,H.Nukman |
---|---|
Format: | CD-ROM |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPs UMI
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=86113 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDarmawati: Peningkatan Mutu Sumber Daya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Tindak Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kolaka, dengan komisi pembimbing, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA sebagai ketua dan Dr. H. Nukman, MA sebagai anggota. Tesis ini mengangkat dua masalah, yaitu : Bagaimana pengaruh kegiatan peningkatan mutu sumber daya guru pendidikan agama Islam dalam tindak pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kolaka, serta faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat peningkatan mutu sumber daya guru pendidikan agama Islam dalam tindak pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kolaka.Metode pendekatan yang dipakai adalah deskriptif, yakni menjelaskan hasil temuan peneliti tentang realitas upaya-upaya yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kolaka dan pemerintah dalam peningkatan mutu sumber daya guru melalui proses tindak pembelajaran dalam menjalankan tugasnya dengan upaya yang dilakukan berpengaruh terhadap peningkatan sumber daya guru. Melalui literatur-literatur maupun pengalaman dengan mnggunakan metode pengumpulan data yang meliputi pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan sampel pada penelitian.Hasil temuan peneliti di lapangan bahwa pelaksanaan upaya-upaya peningkatan sumber daya guru dalam tindak pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kolaka dan pemerintah berpengaruh terhadap peningkatan profesionalisme guru. Indikasinya dapat dilihat sebagai berikut: guru termotivasi dalam proses pembelajaran, semangat guru meningkat, adanya kesadaran guru untuk memperbaiki metode mengajar, peningkatan disiplin, penguasaan materi pelajaran dan penguasaan satuan pelajaran. Adapun faktor-faktor yang berpengaruh dari pelaksanaan peningkatan sumber daya guru ditunjang oleh beberapa faktor yaitu: tingginya kepedulian kepala madrasah dan pemerintah terhadap peningkatan sumber daya guru, dengan menyiapkan dana dan sarana untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta dibentuknya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), adanya kesadaran guru melaksanakan tugas untuk mengikuti pelatihan. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan sumber daya guru adalah kurangnya daya inovasi, lemahnya motivasi untuk meningkatkan kemampuan, keterbatasan dana untuk melanjutkan pendidikan. Kesimpulannya, bahwa penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kolaka, terdapat upaya yang kongkrit dalam meningkatkan mutu sumber daya guru, hal ini disebabkan karena perhatian kepala madrasah sebagai pemegang kebijakan lembaga dalam meningkatkan mutu pendidikan memang begitu baik, penuh semangat untuk meningkatkan kualitas guru khususnya guru dalam bidang agama Islam.