PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MAN LAPPARIAJA KABUPATEN BONE

Main Authors: HAERIL ANWAR, Andi Bunyamin, M.Pd. , H. Nukman
Format: CD-ROM
Bahasa: ind
Terbitan: PPs UMI , 2016
Subjects:
Online Access: http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=86111
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNama: Haeril AnwarJudul Tesis: Peran supervisi kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MAN LappariajaPembimbing: Dr. Andi Bunyamin, M.Pd. dan Dr. H. Nukman, MA.Kata-Kata Kunci: Supervisi Kepala Madrasah, kompetensi guruPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi Kepala Madrasah di Madrasah Aliayah Negeri Lappariaja dalam mengembangakan kompetensi guru. Fokus pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk supervisi kepala madrasah, dan (2) Bagaimana efektifitas supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan efektifitas supervisi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Lappariaja.Penelitian ini bersifat kualitatif dengan memakai pendekatan sosiologis, psikologis, dan paedagogis. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari wawancara, dokumentasi dan observasi ini kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Periksaan keabsahan data dilakukan dengan reduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok kemudian penyajian data dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian.Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh temuan penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Lappariaja yaitu (1) bentuk supervisi Kepala Madrasah ditandai dengan adanya tindakan perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dengan melakukan kunjungan atau observasi kelas, dan pertemuan individu, dan tindak lanjut hasil supervisi dengan melakukan perbaikan sarana dan prasarana, memaksimalkan kedisiplinan guru, dan mengadakan rapat evaluasi secara berkala serta mengadakan pertemuan kelompok semacam MGMP dan Workshop. (2) efektifitas supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru ditandai keberhasilannya dengan terbentuknya komptensi pedagogik dan profesional dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Hal ini bisa dilihat sebelum guru melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas, guru selalu membuat RPP dan Silabus serta penguasaaan materi dengan memanfaatkan teknologi internet. Kesimpulan dari hasil penelitian peran supervisi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru di MAN Lappariaja adalah adanya upaya Kepala Madrasah sebagai supervisor dengan melaksanakan perencanaan supervisi atau menentukan standar pengukuran supervisi, selanjutnya pelaksanaan supervisi dengan kunjungan atau observasi kelas, pembicaraan individual, dan yang terakhir menindak lanjuti hasil supervisi dengan melakukan perbaikan sarana dan prasarana, memaksimalkan kedisiplinan guru, dan mengadakan rapat evaluasi secara berkala serta mengadakan pertemuan kelompok. Dari pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah yang bertujuan mengembangkan kompetensi guru, itu terbentuk secara efektif sebagaimana guru terampil dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Hal itu, dapat diasumsikan guru MAN Lappariaja berkompeten.