KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMENINGKATKAN KESADARAN SISWA SHALATDZUHURBERJAMAAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PINRANG

Main Authors: MUHAMMAD JUFRI, H.M. AriefHalim.H.M.Thahir Bandu
Format: CD-ROM
Bahasa: ind
Terbitan: PPs UMI , 2015
Subjects:
Online Access: http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=86079
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNama : MUHAMMAD JUFRINomor Induk Mahasiswa: 0077.03.31.2012Judul Penelitian :Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Shalat Zuhur Berjamaah di SMA Negeri 5 PinrangKomisi Pembimbing: Dr. H. M. Arief Halim, MA(Ketua)Dr. H. M. Thahir Bandu, MA(Anggota)Kata-kata kunci: Kemampuan Guru PAI, Kesadaran Siswa dan Shalat Zuhur BerjamaahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran siswa shalat zuhur berjamaah, (2) tingkat kesadaran siswa shalat zuhur berjamaah di SMA Negeri 5 Pinrang,(3) dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat peningkatan kesadaran siswa melaksanakan shalat zuhur berjamaah di SMA Negeri 5 Pinrang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif tentang kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran siswa shalat zuhur berjamaah di SMA Negeri 5 Pinrang. Subjek penelitian adalah 2 orangguru PAISMA Negeri 5 Pinrang untuk memperoleh data mengenai kemampan guru PAI dalam meningkatkan kesadaran siswa untuk melaskanakan shalat zuhur berjamaah, dan siswa berjumlah 7 oranguntuk memperoleh data tentang peningkatan kesadaran siswa melaksanakan shalat zuhur berjamaah di SMA Negeri 5 Pinrang. Metode pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran siswa shalat zuhur berjamaah di SMA Negeri 5 Pinrang adalah bahwa guru PAI berkemampuan melaksanakan tugas sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan sebagai pengevaluasi, (2) tingkat kesadaran siswa shalat zuhur berjamaah, adalah bahwa siswa selalu melaksanakan shalat zuhur secara berjamaah dan dengan istiqamah dalam melaksanakannya, di mana siswa secara bergiliran mengikuti shalat zuhur berjamaah di mushallah sekolah, selain itu sebahagian siswa yang tidak ingin kehilangan awal waktu shalat zuhur, maka mereka melaksanakan shalat zuhur berjamaah bersama masyarakat di masjid yang ada disamping sekolah. (3) faktor-faktor yang mendukung dalam meningkatkan kesadaran siswa melaksanakan shalat zuhur berjamaah adalah kebiasaan atau tradisi yang ada di SMA Negeri 5 Pinrang, kesadaran para siswa, adanya kebersamaan di antara para guru dan motivasi serta dukungan dari kedua orang tua. Adapun faktor yang menghambat adalah latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan) dan kurangnya fasilitas ibadah.Diharapkan agar guru PAI senantiasa meningkatkan profesionalitas mengajarnya sehingga dapat meningkatkan kesadaran siswa melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Supaya Kepala Sekolah senantiasa melaksanakan supervisi terhadap guru menyangkut administrasi dan kinerjanya.