PENGARUH KOMITMEN PEGAWAI, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN PUBLIK DI KANTOR UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN KELAS III SIWA

Main Authors: IMRAN USMAN, H. Murdifin Haming , Muchtar Lamo
Format: CD-ROM
Bahasa: ind
Terbitan: PPs UMI , 2017
Subjects:
Online Access: http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=86005
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIMRAN USMAN. Pengaruh Komitmen Pegawai, Motivasi Kerja dan Disiplin Terhadap Efektivitas Layanan Publik di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Siwa, pembimbing H. Murdifin Haming dan Muchtar Lamo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen pegawai, motivasi kerja dan disiplin terhadap efektivitas layanan publik di Kantor UPP Kelas III Siwa, dan untuk menganalisis diantara ketiga variabel tersebut yang dominan berpengaruh terhadap efektivitas layanan publik di Kantor UPP Kelas III Siwa. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor UPP Kelas III Siwa, dengan populasi dan sampel adalah seluruh pegawai sebanyak 45 orang ditetapkan sebagai responden (metode sensus). Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif untuk menjelaskan data penelitian dan deskripsi penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian membuktikan secara simultan hasil penelitian ini membuktikan dugaan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yaitu bahwa komitmen pegawai, motivasi kerja dan disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas layanan publik pada Kantor UPP Kelas III Siwa. Dan secara parsial komitmen pegawai, motivasi kerja dan disiplin telah diterapkan dengan baik dalam menghasilkan pelayanan publik yang efektif di Kantor UPP Kelas III Siwa. Hasil penelitian menemukan bahwa disiplin yang dominan berpengaruh terhadap efektivitas layanan publik pada Kantor UPP Kelas III Siwa. Ini berarti bahwa terwujudnya layanan publik yang efektif sangat ditentukan oleh disiplin pegawai dalam memberikan pelayanan sesuai ketentuan yang berlaku berdasarkan kerajinan, kehadiran, ketepatan waktu, kepatuhan dan pengenaan sanksi yang ditunjukkan oleh pegawai dalam memberikan pelayanan yang efektif kepada publik yang sederhana, jelas dan pasti, aman, terbuka, efisien, ekonomis dan adil.