Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran,dan Pemasaran Ramah Lingkungan terhadap Inovasi dan KinerjaPemasaran pada Usaha Kecil di Kota Makassar
Main Authors: | ABDUL SAMAD, Syahnur Said, Serlin Serang, dan H. Mapparenta |
---|---|
Format: | CD-ROM |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPs UMI
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=132324 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKABDUL SAMAD A. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran,dan Pemasaran Ramah Lingkungan terhadap Inovasi dan KinerjaPemasaran pada Usaha Kecil di Kota Makassar. Di Bimbing Oleh H.Syahnur Said, Serlin Serang, dan H. Mapparenta.Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh orientasipasar, orientasi pembelajaran, pemasaran ramah lingkungan, dan inovasiterhadap kinerja pemasaran; menguji dan menganalisis pengaruh orientasipasar, dan orientasi pembelajaran terhadap inovasi; menguji danmenganalisis peran inovasi sebagai moderasi pada pengaruh pemasaranramah lingkungan terhadap kinerja pemasaran; menguji dan menganalisisperan inovasi sebagai mediasi pada pengaruh orientasi pasar, dan orientasipembelajaran terhadap kinerja pemasaran usaha kecil di Kota Makassar.Responden penelitian adalah usaha kecil di Kota Makassar. Teknik samplingyang digunakan untuk menentukan responden yang terpilih adalah simplerandom sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 212 responden.Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan, yang selanjutnya data dianalisismenggunakan teknik Structural Equation Modeling dengan bantuan softwarePartial Least Square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran ramah lingkungan daninovasi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, namun orientasi pasar,dan orientasi pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.Inovasi terbukti berperan sebagai mediasi pada pengaruh orientasi pasar danorientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran, dan Pemasaran ramahlingkungan terbukti berperan sebagai moderasi pada pengaruh inovasiterhadap kinerja pemasaran usaha kecil di Kota MakassarKata Kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Pemasaran RamahLingkungan, Inovasi, Kinerja Pemasaran, Usaha Kecil.xi